Inilah 5 Vitamin Yang Bisa Menjaga Daya Tahan Tubuh

Inilah-5-Vitamin-yang-Menjaga-Daya-Tahan-Tubuh-

Inilah 5 Vitamin yang Menjaga Daya Tahan Tubuh – Menerapkan gaya hidup sehat dan makan makanan yang tepat serta mengandung gizi seimbang menjadi salah satu kunci untuk tetap sehat. Sebab keduanya akan membantu menjaga maupun meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu nutrisi penting untuk daya tahan tubuh adalah asupan vitamin yang cukup sesuai kebutuhan.

Bicara mengenai vitamin, tubuh memerlukannya dalam kadar cukup di masing-masing jenis vitamin. Tubuh tidak memproduksi vitamin sendiri, praktis pemenuhan kebutuhan nutrisi ini bersumber dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kabar baiknya berbagai kebutuhan vitamin bisa dipenuhi dari makanan yang ada di sekitar Anda. Lantas, apa saja vitamin yang dibutuhkan tersebut?

Baca juga : CARA PENGOBATAN PENYAKIT GAGAL GINJAL!

 

Daftar Vitamin untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Vitamin yang terpenuhi dengan baik akan membantu tubuh dalam menjalankan berbagai fungsi. Beberapa jenis vitamin sangat berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut adalah daftar vitamin daya tahan tubuh tersebut:

 

1. Vitamin C 

Sejak pandemi, pamor Vitamin C memang meroket tajam sebab sudah sejak lama diketahui bagus untuk menguatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin penting ini bisa menyebabkan tubuh mudah sakit, mulai dari sariawan sampai flu. Memenuhi kebutuhannya bisa meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Dilansir dari The Healthy, kebutuhan Vitamin C pada wanita dewasa adalah 75 miligram, sedangkan pada pria sebesar 90 miligram. Namun meskipun diperlukan tubuh agar tidak mudah sakit bukan berarti bisa asal memperbanyak asupannya. Kelebihan Vitamin C juga bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti sariawan sampai gangguan ginjal.

Jadi, ada baiknya mengetahui sudah berapa banyak asupan Vitamin C yang masuk untuk mencegah kemungkinan masuk secara berlebihan. Utamakan asupan vitamin ini dari makanan alami seperti buah jeruk, pepaya, strawberry, brokoli, dan lain sebagainya. Apabila konsumsi makanan alami yang tinggi Vitamin C sudah dilakukan maka tidak perlu mengkonsumsi suplemen tambahan.

 

2. Vitamin D

Vitamin D juga menjadi salah satu jenis vitamin menjaga daya tahan tubuh sebab memiliki kemampuan memperkuat pertahanan tubuh dan memerangi patogen yang berpotensi menjadi penyakit berbahaya. Dilansir melalui Healthline, disebutkan bahwa asupan Vitamin D bisa membantu mencegah infeksi di saluran pernafasan.

Sehingga di masa pandemi seperti sekarang memenuhi kebutuhan vitamin satu ini sangat penting, sebagai upaya mencegah Covid-19. Sumber Vitamin D bisa dari dalam tubuh sendiri karena secara alami tubuh memproduksi vitamin satu ini. Vitamin D dari tubuh akan aktif ketika terpapar sinar matahari, khususnya di jam pagi.

Bisa juga dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Seperti ikan salmon, tuna, sarden, makarel, susu, dan yogurt. Alternatif lain untuk mendapatkan asupan Vitamin D adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dosis suplemen Vitamin D harian Anda.

 

3. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dengan berbagai peran atau manfaat bagi tubuh. Seperti membantu perkembangan dan kinerja beberapa organ tubuh dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi baik.

Vitamin A juga masuk ke dalam jenis vitamin menjaga daya tahan tubuh dan sifatnya seperti antioksidan. Yakni menguatkan sistem kekebalan dan memerangi serangan radikal bebas maupun patogen penyebab penyakit. Mendapatkan asupan vitamin ini Anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi karotenoid.

Seperti wortel, labu kuning, dan juga ubi kuning sebab karotenoid akan diubah tubuh menjadi Vitamin A. Sumber Vitamin A lainnya ada pada hati sapi, susu, keju, yogurt, telur, buah mangga, sayur bayam, dan lain sebagainya.

 

4. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat sama seperti Vitamin A dan C, yakni sebagai antioksidan yang kuat dan dapat melawan infeksi dari patogen penyebab penyakit. Vitamin E memiliki peran besar dalam menjaga daya tahan tubuh sebab terlibat di lebih dari 200 reaksi biokimia dalam tubuh.

Ada banyak makanan yang menjadi sumber vitamin daya tahan tubuh ini seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayur bayam, dan juga pada biji bunga matahari. Dilansir dari My Food Data disebutkan bahwa biji bunga matahari merupakan sumber Vitamin E tertinggi. Namun jika tidak ada Anda bisa mengkonsumsi sumber Vitamin E lainnya, termasuk suplemen.

 

5. Vitamin B6

Vitamin B6 juga menjadi vitamin menjaga daya tahan tubuh sebab terlibat dalam reaksi kimia di sistem kekebalan tubuh. Fungsi lain dari Vitamin B6 ini adalah memproduksi sel darah merah, memperbaiki siklus tidur, memperbaiki selera makan, dan juga memperbaiki suasana hati.

Dilansir dari Kompas.com diketahui bahwa orang dewasa dan anak-anak jarang mengalami kekurangan Vitamin B6. Namun terjadi sebaliknya pada lansia, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi multivitamin. Sumber lain dari vitamin ini ada daging ayam, ikan salmon, sayuran berdaun hijau, dan produk olahan seperti sereal.

 

Nutrisi Lain untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Selain dari daftar vitamin menjaga daya tahan tubuh di atas, tubuh juga memerlukan nutrisi lain berupa mineral untuk menguatkan daya tahan tubuh. Seperti:

 

  • Zat Besi 

Zat besi menjadi bagian penting dari nutrisi tubuh untuk dipenuhi dengan baik, sebab sangat berperan penting di dalam sistem kekebalan tubuh. Mineral satu ini memiliki fungsi krusial di dalam penyaluran oksigen ke seluruh tubuh.

 

  • Asam Folat 

Asam folat diketahui berperan penting dalam mendukung perkembangan sel tubuh dan DNA. Sekaligus memiliki peran di dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga memenuhi kebutuhan asam folat sangat penting.

 

  • Selenium 

Mineral berikutnya yang juga menyokong sistem kekebalan tubuh adalah selenium. Dilansir dari Healthline, mineral satu ini memiliki peran dalam pencegahan penyakit kanker dan juga mencegah pasien HIV masuk ke fase AIDS.

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh 

Kebutuhan mineral dan vitamin menjaga daya tahan tubuh memang sangat kompleks, supaya terpenuhi dengan baik. Ternyata tidak harus dengan mengkonsumsi banyak makanan per harinya. Berikut beberapa tips untuk membantu memenuhi semua kebutuhan nutrisi tersebut:

 

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, termasuk mineral maupun vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Semakin variatif jenis makanan yang dikonsumsi maka semakin baik. Sehingga mendapatkan asupan nutrisi yang beragam, dan menu bisa diganti setiap harinya tidak harus makan makanan yang sama.

 

2. Tetap Terhidrasi 

Aktivitas minum secara teratur dan cukup akan membantu tubuh tetap terhidrasi sehingga segala sistem di dalamnya bekerja dengan baik, termasuk sistem kekebalan tubuh. Menariknya aktivitas satu ini juga memberi asupan vitamin dan mineral. Bahkan air putih pun mengandung banyak mineral, jadi utamakan minum minuman sehat seperti air putih dan jus aneka buah.

 

3. Minum Suplemen Bila Diperlukan 

Vitamin maupun mineral sangat diperlukan tubuh agar metabolisme terjaga dengan baik dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Bila diperlukan Anda bisa mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin dan mineral tadi. Hanya saja usahakan memilih suplemen yang tepat dan perhatikan aturan pakai atau dosisnya.

Supaya tetap sehat asupan vitamin dan nutrisi lain memang penting untuk diatur sehingga bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Perbanyak konsumsi makanan sehat agar kebutuhan berbagai vitamin menjaga daya tahan tubuh di atas bisa terpenuhi dengan baik.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan masalah mengenai pengobatan autoimun atau menjaga daya tahan tubuh.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment