10 Tanda2 Diabetes Yang Harus Anda Waspadai

tanda2 diabetes

10 Tanda2 Diabetes Yang Harus Anda Waspadai.Tanda2 diabetes harus kita ketahui sejak dini untuk menghindari penyakit diabetes agar tidak merusak organ tubuh lainnya. Saya akan mencoba menjelaskan bagaimana ciri dari penyakit karena kelebihan kadar gula darah dalam tubuh ini.  

Baca juga: 7 Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Penyebab diabetes biasanya terjadi akibat dari pola makan yang tidak sehat. Pola makan yang buruk terjadi akibat kita mamakan-makanan sembarangan yang tidak sesuai dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Misalnya es krim, coklat, gorengan dan lain sebagainya.  

Dalam banyak kasus, biasanya orang tak menyadari bahwa dirinya tengah mengidap penyakit tertentu. Tentu hal tersebut tak mengherankan karena pada medio awal, datangnya sebuah penyakit seringkali tak menunjukkan tanda2 diabetes signifikan yang bisa langsung dideteksi.  

Dalam konteks ini, kewaspadaan dan sikap “sedia payung sebelum hujan” mesti benar-benar diterapkan jika ingin tubuh kita benar-benar terbebas dari serangan berbagai penyakit.  Mungkin kamu akan sedikit tak menghiraukan ketika hasil cek darah menunjukkan adanya kenaikan kadar gula darah. Biasanya banyak orang yang kurang peka bahwa sebetulnya kenaikan gula darah tersebut (meskipun tak begitu mencolok) bisa menjadi penanda awal (atau yang sering disebut dengan pre-diabetes) datangnya penyakit diabetes.  

Mereka masih saja mengonsumsi makanan yang dapat menaikkan kadar gula darah, jarang berolahraga, dan lainnya karena menganggap bahwa hasil cek kesehatan tersebut masih biasa.  Padahal ketika seseorang memasuki masa pre-diabetes ketahuilah bahwa sebetulnya tubuh tengah berjuang memproses glukosa yang didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. 

Tanda-tanda gejala diabetes sebagai berikut:

1. Sakit Kepala

Seorang yang menderita diabetes juga dapat mengalami rasa sakit kepala yang amat sangat. 

2. Mudah Lelah

Saat menderita diabetes, hormon insulin tidak aktif bekerja sehingga terjadi penumpukan glukosa. Akibatnya tubuh terasa lemas dan mudah lelah. 

3. Rasa Lapar yang Berlebihan

Saat banyak cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh, dapat meningkatkan rasa lapar. 

4. Mudah haus

Ini adalah salah satu tanda2 diabetes yang paling umum yang terjadi pada penderita diabetes. Hal ini terjadi sebab ginjal menyerap sebagian besar cairan sehingga mengakibatkan kamu mudah haus. 

5. Kulit Kering

Kulit menjadi kering sebab adanya neuropati perifer pada tubuh penderita yang dapat mempengaruhi sirkulasi dan fungsi kelenjar keringat. 

6. Penyembuhan Luka yang Lama

Hal ini terjadi sebab hormon insulin tidak bekerja, sehingga mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah dan membuat proses penyembuhan luka menjadi lama. 

7. Penurunan Berat Badan yang Drastis

Jika kamu mengalami penurunan berat badan yang drastis padahal sedang tidak berdiet atau menjalani program pembentukan badan, kamu patut waspada. Sebab hal ini bisa menjadi tanda awal bahwa kamu terkena diabetes. Penurunan berat badan ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh untuk melepaskan energi. 

8. Penurunan Penglihatan

Peningkatan kadar glukosa dapat merusak pembuluh darah dan mengurangi cairan yang ada dalam lensa mata kita. Hal ini lama kelamaan akan mempengaruhi penglihatan kita dan dapat menyebabkan kebutaan. 

9. Kesemutan Tangan dan Kaki

Kelebihan glukosa dalam darah dapat berpengaruh terhadap sistem saraf. Hal ini menyebabkan ketidakmampuan untuk merasa dan juga munculnya rasa seperti terbakar di tangan dan kaki. 

10. Infeksi Kulit

Saat sistem kekebalan tubuh menurun, ada kemungkinan munculnya infeksi kulit dan juga luka yang membutuhkan waktu lama untuk proses penyembuhan.  Diabetes adalah penyakit yang mematikan apabila kamu tidak mewaspadainya sejak awal. Oleh karena itu hindari beberapa pola hidup tidak sehat yang dapat memicu munculnya penyakit ini. 

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit gula dan masalah mengenai obat herbal diabetes

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment