Penyebab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya

Penyebab-Dari-Penyakit-Ginjal-Dan-Cara-Mengatasinya

Penyebab Penyakit Ginjal Dan Cara Mengatasinya – Ginjal merupakan organ vital yang berperan sangat penting dalam mempertahankan kestabilan lingkungan dalam tubuh. Ginjal mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit dan asam basa dengan cara menyaring darah yang melalui ginjal, reabsorbsi selektif air, elektrolit dan non-elektrolit, serta mengekskresi kelebihannya sebagai kemih.  

Fungsi primer ginjal adalah mempertahankan volume dan komposisi cairan ekstra sel dalam batas-batas normal. Komposisi dan volume cairan ekstrasel ini dikontrol oleh filtrasi glomerulus, reabsorbsi dan sekresi tubulus. Ginjal dilalui oleh sekitar 1.200 ml darah per menit, suatu volume yang sama dengan 20 sampai 25 persen curah jantung (5.000 ml per menit). Lebih 90% darah yang masuk ke ginjal berada pada korteks, sedangkan sisanya dialirkan ke medull. 

Baca juga : MEMAHAMI PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIS!

 

Berikut ini adalah macam macam penyakit ginjal. Diantaranya yaitu:
Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal ialah hilangnya fungsi ginjal baik secara keseluruhan maupun sebagian. Gagal ginjal Kronis adalah kondisi dimana fungsi ginjal akan menurun secara pelan pelan dan bertahap. Gagal ginjal kronis adalah kerusakan ginjal seperti kelainan jaringan, komposisi darah dan urin yang dialami dalam kurun waktu lebih dari 3 bulan.  

Pada penderita gagal ginjal kronis pada awalnya tidak menimbulkan gejala, hal ini membuat para pengidap penyakit tidak menyadari penyakit ini sampai pada akhirnya penyakit ini memasuki tahap kronis. Gagal ginjal kronis merupakan salah satu penyakit mematikan. Sampai saat ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan dengan total penyakit gagal ginjal kronis ini. Semua perawatan hanya akan memperlambat penyakit gagal ginjal kronis.  

Perawatan tersebut seperti cuci darah. Untuk menghindari penyakit mematikan ini adalah menjaga pola hidup sehat dan juga berolahraga. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi dan makanan yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. 

 

Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit Ginjal Polikistik (Polysictis Kidney Disease) disebabkan oleh adanya kista yang berisi cairan. Penyakit ini dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu ARPKD yaitu PKD yang disebabkan oleh autosom resefif, dimana penyebab penyakit ginjal ini adalah faktor keturunan dimana hanya dibutuhkan satu orangtua yang mengalami PKD.  

ARPKD rata rata di alami oleh anak anak dimana gejalanya sudah dapat dilihat sejak awal awal kelahirannya. Selanjutnya ada ADPKD yang disebabkan oleh autosom dominan dimana dari kedua orang tua memiliki riwayat PDK sehingga potensi keturunan mereka menderita ADPKD ialah 50%. Namun ada pula penyakit PKD yang tidak disebabkan oleh keturunan.  

Penderita PKD ini disebabkan oleh adanya mutasi gen. Ciri penyakit PKD adalah nyeri punggung, hipertensi, adanya protein dalam urin dan fungsi ginjal turun. Ada beberapa hal yang dapat mencegah PKD yaitu diagnose sejak ini terutama bagi orangtua yang mengalami PKD pula.  Diagnosa dapat dilakukan melalui CT scan. Sampai saat ini penyakit ini belum ada obatnya, namun untuk mengurangi rasa sakit maka ada 2 cara yaitu pengeringan kista dan pengangkatan kista. 

 

Batu Ginjal

Batu Ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita para penderita penyakit ginjal. Batu ginjal sendiri terjadi karena adanya endapan dari kalsium garam, mineral dan benda benda organic lainnya. Dari kumpulan dan endapan zat zat tersebut maka terbentuk batu ginjal di dalam ginjal. Sehingga batu ginjal ini yang akan menghambat fungsi kerja ginjal itu sendiri.  

Pengendapan ini disebabkan karena banyaknya kadar garam dalam bentuk larutan di dalam ginjal, konsentrasi garam yang tinggi akan mengendap dan membentuk partikel maupun zat padat. Ciri ciri penderita batu ginjal ialah adanya sulit untuk buang air kecil. Cara mengobati batu ginjal ialah mengkonsumsi air yang cukup, tidak menahan untuk buang air kecil. 

 

Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah penyakit kanker yang menyerang ginjal. Sel kanker yang umumnya ditemui pada penyakit ini ialah sel karsinoma. Kanker ini dapat menyerang segala usia baik anak anak hingga orang dewasa. Namun, pada umumnya penyakit ini menyerang manusia berumur diatas 50 tahun. Kanker ginjal memiliki tingkatan untuk mengetahui seberapa bahaya kanker ginjal yang dialami.

Tingkatan ini digambarkan dengan sistem TNM. T untuk menggambarkan seberapa besar ukuran kanker yang tumbuh. N menandakan penyebaran kanker ke nodus limfa dan M menggambarkan apakah sel kanker telah menyebar ke anggota tubuh yang lain. Penyebab kanker ginjal ialah efek samping dari penggunaan obat seperti obat dialysis dan pereda rasa sakit, hipertensi, obesitas dan keturunan. 

Cara mencegah penyakit ini ialah minum air yang cukup, mengendalikan kadar kolesterol dan menghindari rokok. Pengobatan kanker ginjal diantaranya menghilangkan sel sel kanker dengan cara mengangkat bagian ginjal melalui operasi nefrektomi. Cara selanjutnya ialah embolisasi, yaitu proses menyuntikan zat khusus untuk menghambat aliran darah melalui vena ginjal. 

 

Nefritis

Nefritis atau radang ginjal ialah penyakit yang menyebabkan infeksi pada ginjal. Selain itu nefritis juga dapat terjadi dikarenakan adanya virus dan bakteri yang menyerang ginjal. Bakteri yang menyerang ginjal ialah bakteri Streptococcus. Bakteri ini juga merusak glomerulus karena glomerulus alergi terhadap racun yang dikeluarkan oleh bakteri ini.  

Selain bakteri penyakit ini juga dapat disebabkan oleh pemakaian alat kedokteran yang tidak steril dan juga penggunaan alat kedokteran dalam waktu yang lama. Hipertensi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya nefritis karena merusak pembuluh darah. Hal hal lain yang menyebabkan radang ginjal diantaranya obesitas, asam urat, diabetes, daya tahan tubuh yang lemah, penggunaan obat obatan dalam waktu yang lama serta faktor keturunan.  

Untuk mengetahui ciri ciri penderita nefritis, biasanya penderita nefrirtis memiliki ciri ciri seperti badan yang sering letih, urin berbusa, urine berdarah adanya nanah ketika buang air kecil dan warna urin yang berkeruh. Untuk mencegah penyakit ini haruslah menerapkan gaya hidup yang sehat, menjaga berat badan ideal, menjaga kadar gula dalam darah, perbanyak minum air putih, memilih obat obatan yang illegal. Namun apabila sudah terserang nefritis maka terdapat berbagai bahan alami yang digunakan untuk mengobati nefritis diantaranya kumis kucing, bubuk kopi, temulawak dan rambut jagung. 

 

Hematuria

Hematuria adalah salah satu Macam Macam Penyakit Ginjal. Hematuria ditandai dengan adanya darah didalam urin. Pada umumnya tidak akan terdapat darah di dalam urin kecuali bagi wanita yang menstruasi. Darah yang keluar bersama urin berasal dari sistem kandung kemih seperti ureter, ginjal, kandung kemih.  

Hematuria terjadi sebagai gejala dari penyakit penyakit lainnya. Sehingga penanganannya pun sesuai dengan penyakit apa yang diderita oleh pasien. Gejala yang dialami oleh penderita hematuria ialah adanya darah didalam urin, sering buang air kecil, sakit perut bagian bawah.  Penyebab terjadinya hematuria diantar lain infeksi ginjal, batu ginjal, kanker kandung kemih dan kelainan genetik.

Cara yang dilakukan untuk mencegah hematuria adalah menghindari penyakit – penyakit yang akan menyebabkan hematuria seperti batu ginjal dengan mengonsumsi air putih dalam kondisi yang cukup dan menghindari penyakit kanker kandung kemih dengan menghindari merokok. Seperti yang dijelaskan diatas pengobatan hematuria tergantung dari penyakit yang menyebabkan terjadinya hematuria seperti pada infeksi saluran kemih memberikan antibiotic dan melakukan terapi gelombang kejut untuk menghancurkan batu ginjal.

 

Glomerulonephiritis

Glomeri adalah penyaring kecil yang ada didalam ginjal dengan fungsi nya membuang cairan berlebih, sampah dan elektrolit melalui darah. Glomerulonephiritis adalah kerusakan pada glomeruli. Kerusakan yang terjadi pada glomeruli menyebabkan keluarnya darah dan protein melalui urin. Gejala penyakit ini diantaranya tekanan darah tinggi, anemia, urin yang berbusa dan pembengkakan pada bagian tubuh. 

Penyebab penyakit ginjal adalah sistem kekebalan tubuh malah merusak sel sel sehat. Hal hal yang menjadi penyebab Glomerulonephiritis yang lain ialah kompilasi penyakit, lupus dan diabetes yang kronis. Cara untuk mengobati penyakit ini ialah menerapkan gaya hidup yang sehat, menggunakan kortikosteroid, dan menghindari makanan yang menyebabkan hipertensi dan anemia. 

 

Sindrom nefrotik

Adalah Macam Macam Penyakit Ginjal dimana terlalu banyak protein yang keluar bersama urin. Meskipun penyakit ini tidak sering terjadi namun penyakit ini bisa dialami oleh semua usia dan biasanya dapat terdeteksi pada anak anak berusia 2 hingga 5 tahun. Penyebab terlalu banyak protein yang keluar bersama urin ialah kegagalan ataupun kerusakan yang terjadi pada glomeruli. 

Glomeruli berfungsi untuk memisahkan zat zat yang masih berguna bagi tubuh dan zat zat yang harus dibuang. Sehingga yang pada normalnya urin tidak memiliki banyak protein dalam kasus ini protein terlalu banyak dikeluarkan. Gejala gejala yang dialami oleh penderita penyakit ini ialah pembengkakan yang terjadi pada beberapa bagian tubuh dan bagian wajah. 

Hipertensi, perubahan warna pada urine dan terjadinya penumpukan cairan. Cara pengobatan penyakit ini ialah memberikan obat pengatur tekanan darah, obat untuk peningkatan sistem dan kekebalan tubuh dan pemberian obat pengencer darah.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan atau masalah mengenai pengobatan Penyakit Ginjal.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment