Waspada Katarak Akibat Penyakit Diabetes Melitus

penyakit diabetes melitus

Waspada Katarak Akibat Penyakit Diabetes Melitus. – Tingkatkan kewaspadaan jika anda menderita diabetes melitus, karena akibat diabetes kering yang saat ini anda derita bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Ternyata memang benar penyakit diabetes melitus dapat merusak organ mata. Kerusakan organ mata tersebut berujung pada munculnya berbagai macam gangguan penglihatan. Katarak merupakan salah satu jenis gangguan penglihatan yang bisa anda alami.  

Baca juga : Penyebab Diabetes Melitus Berdasarkan Tipenya

Memang jika dilihat secara sekilas, tampak tidak ada hubungan antara kesehatan organ mata dan diabetes melitus. Karena itu, mungkin saja anda belum bisa mempercayai bahwa penyakit diabetes melitus bisa  menyebabkan anda menderita katarak. Jika memang anda masih belum yakin bahwa katarak memang bisa muncul akibat diabetes kering, maka pelajari lebih lanjut mengenai hubungan penyakit diabetes melitus dengan kerusakan organ mata di sini.  

Mengapa Akibat Diabetes Kering yang Tidak Dikontrol Dengan Benar Dapat Berujung Pada Kemunculan Gangguan Mata Katarak? 

Ya, memang sekilas tampak tidak ada hubungan antara gangguan mata seperti katarak dengan penyakit diabetes melitus. Tidak heran jika saat ini masih banyak orang yang belum yakin bahwa katarak memang berpotensi muncul akibat diabetes kering.  Namun faktanya, memang penderita penyakit diabetes melitus sangat beresiko mengalami gangguan penglihatan. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika kadar glukosa di dalam darah terlalu tinggi, maka pembuluh darah halus yang ada di bagian organ mata akan mengalami kerusakan.  

Kerusakan pembuluh darah halus tersebutlah yang memicu munculnya berbagai macam gangguan penglihatan seperti katarak.  Memang benar bahwa bukan hanya penderita penyakit diabetes melitus saja yang dapat mengalami katarak. Namun demikian, penderita penyakit diabetes jauh lebih beresiko mengalaminya daripada seseorang yang tidak menderita penyakit DM.  Kebanyakan orang yang mengalami katarak sudah lanjut usia. Hal tersebut tidak berlaku bagi penderita penyakit DM. Anda bisa saja mengalami katarak meskipun usia anda masih terbilang cukup muda bila memang anda adalah penderita penyakit DM.  

Karena memang ada beberapa faktor pemicu munculnya katarak bagi penderita penyakit diabetes melitus. faktor pemicu itulah yang membedakan resiko penderita diabetes melitus dengan non diabetes dalam mengalami katarak

Apa Saja Faktor Pemicu Gangguan Penglihatan Katarak Bagi Penderita DM? 

Bagi anda yang menderita penyakit DM, maka anda juga perlu mengetahui bahwa ada 3 macam faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan anda untuk mengalami katarak sebagai salah satu gangguan penglihatan.  Berikut adalah 3 macam faktor yang dapat meningkatkan resiko munculnya katarak sebagai akibat diabetes kering: 

Faktor usia

Usia memang memegang peranan penting dalam kemunculan katarak. Semakin tua seseorang, maka akan semakin tinggi resikonya untuk mengalami katarak. Namun demikian, penderita DM bisa saja mengalami katarak meskipun usianya masih tergolong muda.  Hal tersebut bisa terjadi karena masih ada faktor lain yang mendukung kemunculan katarak tersebut pada penderita penyakit DM. 

Faktor lamanya menderita penyakit DM

Anda yang sudah cukup lama menderita penyakit DM juga harus berhati-hati. Karena semakin lama seseorang menderita penyakit diabetes melitus, maka akan semakin besar potensinya untuk mengalami katarak. 

Faktor mampu atau tidaknya mengontrol kadar gula darah

Apakah anda sudah mampu menjaga kadar gula darah anda tetap stabil? Bila memang anda masih kesulitan menjaga kadar gula darah tetap stabil, kemungkinan besar anda dapat mengalami katarak.  Bila memang anda memiliki beberapa faktor resiko tersebut, maka mulai sekarang berhati-hatilah. Pastikan untuk rutin memeriksakan kesehatan mata dan juga mengkonsumsi obat diabetes tradisional paling ampuh untuk menjaga kadar gula darah anda.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit gula dan masalah mengenai obat herbal diabetes

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment