Cara Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal!

Cara-Pengobatan-Penyakit-Gagal-Ginjal!

Cara Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal! – Anda tahu, ginjal memiliki fungsi membuang sisa dan kelebihan cairan dari darah. Namun, ginjal bisa melakukan lebih dari itu. Ginjal memainkan peran menciptakan hormon dan bahan kimia untuk menyeimbangkan tubuh. Ketika ginjal berhenti berfungsi, Anda akan memiliki penyakit seperti anemia, tulang, saraf dan penyakit kulit. Selain itu, beberapa gejala umum gagal ginjal adalah kelelahan, gatal di sekitar tubuh, “sindrom kaki gelisah”. Sindrom ini membuat Anda tidak dapat tidur karena lengan Anda selalu memutar dan memutar.  

Baca juga : OBAT PENYAKIT GINJAL TRADISIONAL TANPA EFEK SAMPING

 

Cara pengobatan penyakit gagal ginjal

Berikut beberapa komplikasi gagal ginjal dan pengobatan untuk setiap jenis:  

 

Anemia dan erythropoietin (EPO)

Anemia adalah suatu kondisi di mana massa tubuh sel darah merah rendah. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa oksigen, sel-sel tidak bisa menggunakan energi dari makanan, sehingga penderita anemia mudah menjadi lelah dan terlihat pucat. Anemia juga dapat berkontribusi terhadap penyakit.

Anemia sering terjadi pada orang dengan penyakit ginjal karena ginjal menghasilkan hormon eritropoietin, juga disebut EPO, yang menstimulasi sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah. Penyakit ginjal biasanya tidak menghasilkan EPO yang cukup, sehingga sumsum tulang menghasilkan lebih sedikit sel darah merah. EPO saat ini sedang dipasarkan oleh para ilmuwan dan obat-obatan, yang biasanya digunakan pada pasien dialisis. 

 

Penyakit ginjal

Penyakit ginjal mempengaruhi 90% pasien yang menjalani dialisis. Penyakit ini membuat tulang menjadi tipis, lemah atau cacat dan mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa. Gejala dapat terlihat pada anak-anak usia tulang dan mereka bahkan mungkin muncul sebelum dialisis. Pasien yang lebih tua dan wanita yang mengalami menopause lebih berisiko.  

 

Gatal

Banyak orang yang menerima perawatan dialisis mengeluh bahwa kulit mereka gatal dan sering gatal semakin memburuk selama dialisis atau setelah penyaringan. Bahkan, gejala ini biasa terjadi bahkan pada orang yang tidak memiliki penyakit ginjal. Namun, pada pasien dengan gagal ginjal, gatal bisa jauh lebih serius karena limbah yang menumpuk di dalam darah membuat pasien lebih gatal. Sayangnya, teknologi dialisis belum sepenuhnya menghilangkan limbah ini.  

Selain itu, dokter Anda juga dapat mengukur kadar hormon paratiroid (PTH) yang tinggi. Beberapa pasien melaporkan bahwa gatal telah menurun secara signifikan setelah pengangkatan kelenjar paratiroid. Kelenjar paratiroid terletak di permukaan kelenjar tiroid, di tenggorokan pada organ-organ leher, tepat di atas tulang selangka. Kelenjar paratiroid membantu mengontrol kadar kalsium dan fosfor dalam darah.  

Namun, saat ini tidak ada cara untuk menyembuhkan gatal secara efektif untuk semua orang. Beberapa orang memiliki reaksi yang baik terhadap pengikat fosfat. Obat ini bertindak seperti spons yang menyerap dan mengikat fosfor saat berada di perut. Orang lain menemukan bantuan dari paparan sinar ultraviolet. Sisanya merasa lebih baik setelah EPO. Antihistamin (Benadryl, Atarax, VISTARIL) juga bisa efektif. Selain itu, krim capsaicin pada kulit dapat mengurangi gatal dengan mengurangi impuls saraf. Anda juga harus menjaga kulit Anda kering. 

 

Gangguan tidur

Pasien dengan dialisis sering menderita insomnia. Beberapa orang juga menderita sindrom sleep apnea, yang biasanya mendengkur dan mendengkur. Apnea yang sebenarnya akan menyebabkan apnea tidur. Seiring waktu, gangguan tidur ini dapat membalikkan jam biologis pasien (insomnia di malam hari, mengantuk di siang hari), sakit kepala, depresi dan penurunan kewaspadaan. 

Apnea mungkin disebabkan oleh gangguan ginjal yang mempengaruhi pusat pernapasan. Untungnya, ada perawatan yang efektif untuk pasien dengan sleep apnea, terlepas dari apakah mereka mengalami gagal ginjal, termasuk penurunan berat badan, perubahan posisi tidur dan masker oksigen (ventilasi tekanan positif terus menerus, atau CPAP. Banyak orang yang dirawat karena dialisis merasa sulit untuk tidur di malam hari karena rasa sakit, ketidaknyamanan, gelisah atau sindrom kaki gelisah. Dengan sindrom ini, Anda selalu merasa jongkok, mendorong atau menendang kaki Anda. Sindrom ini dapat menyebabkan orang yang tidur dengan Anda bangun di tengah malam. Penyebab sindrom ini adalah kerusakan saraf dan ketidakseimbangan bahan kimia dalam tubuh.  

Olahraga ringan di siang hari dapat mengurangi gejala, tetapi Anda tidak boleh berolahraga sebelum tidur karena akan memperburuk gejala. Orang yang menderita sindrom kaki gelisah harus mengurangi atau menghindari kafein, alkohol, dan rokok. Pijat atau mandi air hangat juga dapat membantu meredakan gejala. 

Benzodiazepin (kelas penenang termasuk Klonopin, Librium, Valium, dan Halcion) digunakan untuk mengobati insomnia juga dapat membantu memperbaiki gejala-gejala ini. Terapi Parkinson untuk levodopa (sinemet®) juga dapat digunakan untuk mengurangi gejala gangguan tidur dan kadang-kadang bahkan lebih efektif daripada metode di atas. Anda merasa gangguan tidur tidak penting, tetapi mereka dapat mengurangi kualitas hidup Anda. Jadi jangan ragu untuk membicarakan gangguan ini dengan dokter Anda.  

 

DRA  

Disfungsi bubuk adalah kondisi yang terkait dengan dialisis (DRA), yang umum pada orang yang telah dialisis selama lebih dari lima tahun. DRA terjadi ketika protein darah terakumulasi dalam sendi dan tendon, menyebabkan rasa sakit, kekakuan, dan penumpukan cairan di sendi, seperti halnya dengan artritis. Seringkali, ginjal bekerja untuk menyaring protein berbahaya ini, tetapi perawatan dialisis saat ini tidak diperlukan. 

 

Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Cara Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal, akan membantu Anda lebih baik melindungi ginjal Anda. Mulailah sekarang Anda juga sudah bisa memahami Cara Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal dan apa hubungannya dengan penyakit yang Anda miliki.

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan atau masalah mengenai pengobatan Penyakit Ginjal.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment