Wajib Baca! Pengobatan Penyakit Paru Paru Basah!

Wajib-Baca!-Pengobatan-Penyakit-Paru-Paru-Basah!

Pengobatan Penyakit Paru Paru Basah – Paru paru basah merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur atau virus. Sebelum ditemukan antibiotiknya penyakit ini termasuk penyakit yang mematikan, pasalnya jika sudah terkena paru paru basah membuat pernapsan akan terasa sesak. Wajib bagi Anda yang menderita penyakit ini untuk segera ke Dokter, sebab penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan cepat. Butuh perawatan hingga beberapa bulan sesuai petunjuk Dokter.  

 

Pengobatan Paru-Paru Basah  

Berikut ini pengobatan yang dapat dilakukan bagi penderita paru-paru basah: 

Penderita paru-paru basah ringan dapat melakukan pengobatan di rumah dengan menggunakan obat antibiotik jika penyebabnya adalah bakteri serta sebaiknya cukup istirahat dan cukup minum. Sedangkan untuk yang melakukan pengobatan di rumah bisa dengan mengonsumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter kurang lebih selama 14-21 hari dan pasien harus rutin berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan pengawasan yang efektif.

Bagi pasien yang melakukan perawatan di dalam rumah juga bisa mengkonsumsi obat analgesik seperti ibuprofen dan parasetamol yang bisa digunakan untuk mengurangi demam dan nyeri sendi. Namun jika pasien memiliki masalah pada lambung dan ginjal sebaiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika obat antibiotik yang dikonsumsi tidak kunjung memberikan dampak yang signifikan maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter karena bisa jadi penyebabnya bukan dari bakteri melainkan dari virus.

Antibiotik hanya bisa digunakan untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri sedangkan untuk yang disebabkan oleh virus hanya bisa dilakukan dengan meningkatkan antibodi untuk memusnahkannya atau jika tidak memang bakteri di dalam penyakit lebih kuat dari antibiotik yang diberikan. Perbanyak minum air putih dan cukup istirahat sangat dianjurkan. Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat batuk meskipun penderita mengalami batuk yang cukup kuat.

Hal ini dikarenakan obat ini justru akan membuat peradangan yang terjadi di dalam gelembung paru-paru menjadi lebih parah. Sebagai gantinya bisa dengan mengonsumsi air putih atau lemon hangat. Namun untuk penderita paru-paru basah yang sudah cukup parah maka dapat melakukan rawat inap di rumah sakit. Rawat inap di rumah sakit dilakukan karena penderita membutuhkan bantuan cairan infus, bantuan oksigen supaya pernapasannya menjadi lebih lancar. Para penderita juga mungkin akan membutuhkan ventilator di ruang perawatan intensif.

 

Gejala Paru Paru Basah

Gejala Paru Paru Basah adalah adanya batuk yang tidak mau berhenti. Batuk ini bisa jadi indikasi adanya infeksi baik itu terjadi pada tenggorokan maupun paru-paru. Ketika Anda mendapati batuk yang tak kunjung berhenti, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan obati dengan benar. Sebab penyakit paru-paru basah bisa bertambah parah jika tidak mendapat pengobatan dari awal. Gejala Paru Paru Basah terjadi dalam waktu yang panjang dan biasanya cukup lama. 

Setelah itu, kemudian penderita paru-paru basah akan merasa sering sakit-sakitan akibat daya tahan tubuh yang mulai melemah. Biasanya penderita paru-paru basah akan mengalami batuk berkepanjangan dan mengeluarkan keringat dingin pada saat tidur. Saat keringat akan membuat bagian luar tubuh dingin, maka akan membuat paru-paru mengalami pengembunan dan akhirnya penyakit paru-paru basah menjadi kronis. 

Akibatnya penderita akan mengalami batuk terus menerus hingga menjadi kebiasaan. Biasanya penderita akan mengalami sesak napas diserati batuk dan mengeluarkan dahak. Jika sudah begini, penyakit paru-paru basah sudah kronis dan bisa bersarang lama di dalam tubuh. Paru-paru basah akan menjadi penyakit menahun yang sulit disembuhkan karena daya tahan tubuh sudah melemah. Selain itu mengobati paru paru basah tidak bisa menggunakan obat batuk biasa. 

Gejala Paru Paru Basah Awalnya: 

Berikut ini adalah gejala awal paru-paru basah yang harus diwaspadai: 

  • Nafas selalu terasa sesak dan tak pernah merasa lega.
  • Mudah merasa lelah dan kehabisan energi.
  • Merasa sangat ngantuk meskipun sudah tidur cukup.
  • Ingin muntah saat mengambil napas panjang.
  • Tubuh selalu mengeluarkan keringat meskipun sedang tidak melakukan apa-apa, bahkan pada saat tidur.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit dan masalah mengenai Penyakit Paru Paru Basah.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment