4 Pengobatan Diabetes Melitus yang Aman Tanpa Efek Samping

pengobatan diabetes melitus

4 Pengobatan Diabetes Melitus Alternatif yang Aman Tanpa Efek Samping | Sebelum membahas pengobatan diabetes melitus, marilah sejenak memahami apa itu Diabetes Mellitus. Diabetes Mellitus adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah melebihi angka normal.

Baca juga: Jenis-Jenis Makanan untuk Orang Diabetes yang Membantu Kesembuhan

Diabetes jenis ini disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh (organ pankreas  penderita diabetes tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh) atau sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

Kurang pekanya sel-sel tubuh ini dikenal dengan istilah resistensi terhadap insulin yang biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas. Oleh karena itu, makin tinggi indeks massa tubuh seseorang, maka risiko diabetes tipe ini juga meningkat.

Pengobatan Diabetes Melitus

Berikut Beberapa Obat Diabetes Alternatif:

Pengobatan Diabetes Melitus Berupa Suntikan Insulin Tambahan

Pemberian insulin diberikan pada penderita Diabetes Mellitus (DM) untuk menggantikan fungsi pankreas yang sudah berhenti menghasilkan insulin atau sangat minimal menghasilkan insulin. Biasanya hal ini terjadi ketika kadar gula darah sudah tak terkendali dengan obatan di diabetes oral, modifikasi gaya hidup, dan diet.

Pemberian insulin juga diberikan pada penderita DM yang mempunyai penyakit penyerta lain (misalnya infeksi). Yang perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi sulfoniurea adalah jika muncul efek samping hyupoglikemia, dimana efek tersebut biasa terjadi jika:

  • Melewatkan waktu makan atau setelah olahraga berat.
  • Minum obat dengan dosis tinggi.
  • Menggunakan sulfonilurea dengan aksi panjang seperti glibenklamid dan klorpropamid dan tidak mengatur pola makan dengan baik.
  • Menggunakan obat bersamaan dengan salisilat, sulfonamid, gemfibrozil, dan warfarin.
  • Minum obat dengan minuman yang mengandung alcohol.
Pengobatan Diabetes Melitus dengan Memerhatikan Pola Makan

Pola makan pada penderita diabetes sebaiknya sudah melalui konsultasi dengan ahli gizi. Pola makan penderita Diabetes Milletus (DM) memakai konsep 3J yaitu: Jenis, Jumlah, dan Jam makan.

Pengobatan Diabetes Melitus dengan Olahraga Teratur

Olahraga akan meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin, sehingga lebih mudah digunakan oleh sel tubuh. Selain olahraga untuk meningkatkan sensitivitas insulin adalah cukup tidur, menurunkan berat badan serta mengurangi asupan karbohidrat.

Pengobatan Diabetes Melitus dengan Konsumsi Buncis

Buncis dapat membantu mencegah atherosclerosis, kerusakan arteri berbahaya yang terjadi pada mereka dengan penyakit jantung dan yang berisiko terkena diabetes. Antioksidan dalam buncis membantu melindungi terhadap kerusakan radikal bebas, yang terjadi pada tingkat yang lebih tinggi pada diabetes.

Dalam salah satu penelitian, percobaan pada tikus yang disuntik dengan komponen tertentu yang ditemukan dalam buncis telah mengurangi kadar glukosa, trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol LDL. Buncis juga mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang keduanya mengurangi risiko diabetes serta obesitas.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit gula, Pencegahan Diabetes dan masalah mengenai obat herbal diabetes

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment