5 Daftar Pantangan Makanan Penyakit Liver

pantangan makanan penyakit liver

5 Daftar Pantangan Makanan Penyakit Liver.Dikutip dari situs halosehat.com disebutkan bahwa organ hati atau liver merupakan organ yang bekerja paling keras di dalam tubuh. Fakta ini kemudian bisa menjadi penyebab ada banyak gangguan kesehatan di organ tersebut. Menyadari bahwa liver bekerja ekstra keras maka tidak keliru jika setiap orang berusaha untuk menjaga kesehatannya. 

Baca juga: Tanda2 Penyakit Liver yang Harus Kalian Ketahui

Sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit liver dan mampu menjaga fungsi organ tersebut dengan baik. Secara umum liver berperan dalam mencerna makanan, menyaring dan membuang zat beracun, dan menyimpan cadangan energi bagi tubuh. Bagaimana jika organ ini kehilangan fungsinya? Simak penjelasan detailnya di bawah ini.  

Jenis-Jenis Penyakit Liver 

Penyakit liver merupakan gangguan kesehatan yang ditunjukan oleh penurunan fungsi maupun hilangnya fungsi organ liver. Artinya organ liver tidak lagi bisa menjalankan fungsinya seperti yang sudah disebutkan sekilas sebelumnya. Penyebab dari berkurangnya fungsi liver sangat beragam, dan kemudian memunculkan berbagai jenis penyakit liver. Berikut beberapa diantaranya: 

  • Hepatitis, merupakan penyakit liver yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A, B, C, dan pada beberapa kasus disebabkan konsumsi alkohol berlebihan dan obesitas. 
  • Sirosis, penyakit liver yang terjadi karena terbentuknya jaringan parut yang kemudian merusak organ liver. 
  • Kanker hati. 
  • Gagal hati, kondisi dimana sebagian  besar organ liver sudah rusak sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya. 
  • Asites, kondisi dimana terjadi kebocoran liver dan masuk ke dalam perut. 
  • Batu empedu, yaitu terbentuknya endapan yang mengeras di kantong empedu (organ kecil di bawah liver). 
  • Hemochromatosis, yaitu kondisi dimana adanya penumpukan zat besi di dalam tubuh dan berlangsung selama bertahun-tahun. 
  • Sirosis Bilier Primer, jenis penyakit liver yang terus bertambah parah seiring berjalannya waktu dan meningkatkan resiko gagal hati. 
  • Perlemakan hati atau hepatic steatosis, merupakan kondisi dimana terjadi penumpukan lemak berlebih di organ liver. 

Daftar Pantangan Makanan Penyakit Liver 

Siapa saja memiliki potensi untuk menderita penyakit liver, apalagi jika selama ini sering atau terbiasa mengkonsumsi makanan yang memicu penyakit tersebut. Meskipun penyakit liver bukan jenis penyakit yang bisa sembuh dengan cepat. Namun dengan mengikuti anjuran dokter sekaligus memperhatikan pola makan, maka bisa memperbesar peluang untuk sembuh. 

Anda yang ingin memaksimalkan proses pemulihan bisa menghindari pantangan makanan penyakit liver berikut ini: 

  • Makanan Manis atau Tinggi Gula 

Anda termasuk orang yang menyukai makanan-makanan manis? Makanan manis alami seperti pada buah mungkin tidak masalah. Namun akan lain soal jika menyukai makanan manis tinggi gula. Misalnya donat, aneka cake, dan lain sebagainya. Konsumsi makanan seperti ini yang terlalu berlebihan bisa merusak liver. 

Asupan gula akan meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh, dan ada kemungkinan terbentuk lemak di liver. Kondisi ini kemudian menyebabkan fatty liver atau yang akrab disebut sebagai penyakit perlemakan hati. Selain dihindari sebagai pencegahan, menghindari makanan manis juga penting dilakukan oleh pasien liver. 

  • Makanan Kalengan dan yang Diawetkan

Apabila ingin mengembalikan kesehatan organ liver maka ada baiknya menghindari makanan kalengan dan yang diawetkan. Sebab termasuk ke dalam daftar pantangan makanan penyakit liver yang tentu wajib dijauhi. Makanan semacam ini biasanya mengandung garam atau natrium yang sangat tinggi. 

Asupan garam berlebih akan memaksa organ liver bekerja lebih berat, sehingga bisa menurunkan kinerjanya. Jika sudah menderita penyakit liver dan masih saja mengkonsumsi makanan tinggi garam. Maka bisa menyebabkan resiko gagal hati yang berujung pada transplantasi liver ataupun kematian. 

  • Makanan Kaya Rempah 

Masakan Indonesia khususnya menu-menu tradisional memang kaya akan penggunaan rempah dari berbagai jenis. Selain sedap juga memperbaiki tampilan masakan menjadi lebih menggugah selera. Namun, tahukah Anda bahwa konsumsi makanan kaya rempah berdampak kurang baik bagi liver?

Rempah-rempah di dalam makanan atau masakan ternyata memiliki efek panas bagi organ liver. Sehingga pasien penyakit liver dianjurkan untuk menghindari makanan semacam ini. Sedangkan bagi Anda yang masih sehat ada baiknya mengatur asupan makanan berempah supaya resiko terkena penyakit liver bisa ditekan. 

  • Makanan Tinggi Lemak 

KOnsumsi makanan tinggi lemak akan memperberat kinerja organ liver sehingga bisa merusak organ tersebut. Resiko akan semakin parah apabila dikonsumsi oleh orang dengan penyakit liver, karena memperbesar kemungkinan mengalami gagal hati. Jadi, makanan tinggi lemak masuk ke dalam deretan pantangan makanan penyakit liver. 

Jenis makanan berlemak tinggi ini tidak hanya pada gorengan, namun juga makanan jenis lain. Sebut saja seperti jeroan, santan, susu full cream, makanan cepat saji, dan lain sebagainya. Ada baiknya memilih masakan rumahan yang bisa dikontrol dengan baik agar ramah untuk diet penyakit liver. . 

  • Alkohol dan Minuman Bersoda 

Sebenarnya alkohol dan soda masuk ke dalam daftar teratas diantara sekian makanan pantangan pasien liver. Mengapa? Sebab kedua jenis minuman tersebut akan memperparah kerusakan di organ liver. Pada pasien penyakit liver akan memperbesar resiko mengalami perlemakan hati alkoholik. 

Sedangkan pada pasien hepatitis bisa meningkatkan resiko mengalami fibrosis dan sirosis yang parah. Asupan alkohol berlebih juga akan mengurangi bahkan menghilangkan efek pengobatan yang dijalankan. Oleh sebab sebisa mungkin perlu menghindari soda, wine, champagne, bir, dan minuman beralkohol lainnya. 

Menghindari sejumlah makanan di atas akan membantu memaksimalkan pengobatan sehingga bisa mempercepat pemulihan. Tidak kalah efektif adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang baik untuk liver.  Misalnya sayuran, buah-buahan, oatmeal, biji-bijian, dan lain sebagainya. 

Mengenai diet pasien liver tentu detailnya bisa dikonsultasikan dulu dengan dokter maupun ahli gizi. Jika membutuhkan konsultasi kesehatan tambahan bisa menghubungi Konsultan Kesehatan PT. Autoimun Care Indonesia melalui kontak 0822 1122 6676. 

Sumber: 

  • https://www.sehatq.com/artikel/makanan-pantangan-penyakit-liver-yang-perlu-anda-hindari
  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguan-pencernaan/pantangan-makanan-untuk-pengidap-hepatitis/#gref
  • halodoc.com/artikel/alami-penyakit-hati-ini-6-makanan-yang-perlu-dihindari
  • https://www.kalcare.com/artikel/pantangan-makanan-untuk-penyakit-liver-sudah-tahu
  • https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/penyakit-hati-liver/#gref
  • https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/penyakit/penyakit-liver/
  • https://www.alodokter.com/sirosis
  • https://www.alodokter.com/perlemakan-hati
  • https://www.halodoc.com/artikel/konsumsi-8-makanan-ini-demi-kesehatan-hati

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit Liver dan masalah mengenai obat herbal liver

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment