8 Makanan Pantangan Diabetes yang Sebaiknya Dihindari

pantangan diabetes

8 Makanan Pantangan Diabetes yang Sebaiknya Dihindari. | Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Diabetes tidak bisa disembuhkan. Namun, perubahan pola makan yang tepat bisa membantu mengendalikan gejala diabetes. Selain lebih cermat memilih makanan yang aman untuk gula darah, penderita diabetes (diabetesi) juga perlu menghindari beberapa makanan tertentu. Apa saja makanan yang menjadi pantangan untuk diabetes? Lihat daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Beberapa Hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Diabetes

Pantangan makanan untuk penderita diabetes

Terdapat beberapa hal yang jadi penyebab gula darah melonjak dengan cepat, salah satunya makanan. Pantangan dan harus dihindari oleh pengidap diabetes adalah makanan tinggi kalori dari karbohidrat dan gula sederhana.

Kebanyakan makanan dapat mengandung kalori dan karbohidrat dengan kadar yang bervariasi. Namun, bagi pengidap diabetes, sangat ditekankan untuk menghindari segala macam produk pangan yang serba tinggi kalori dan gula.

Makanan-makanan seperti ini dikelompokkan sebagai jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi. Kandungan gula sederhana dari makanan tersebut sangat mudah diolah oleh tubuh menjadi glukosa. Akibatnya, kadar gula narah naik dengan cepat.

Secara umum, berikut pantangan makanan dan minuman yang harus dihindari penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah, antara lain:

  1. Minuman manis

Tidak hanya makanan, penderita diabetes pun harus mematuhi pantangan minuman tertentu. Jenis minuman yang harus dihindari oleh diabetesi adalah segala sesuatu yang manis atau ditambahkan gula, baik buatan maupun alami.

Beberapa contoh dari minuman yang harus dihindari orang dengan penyakit gula, antara lain minuman bersoda, sirup, teh dan kopi kemasan siap minum. Bahkan, minuman yang “terkesan” sehat sekalipun seperti jus dan susu kemasan mungkin harus Anda hindari.

Minuman-minuman ini umumnya dibuat di pabrik dengan menambahkan banyak pemanis buatan atau gula untuk mengawetkan dan menambah citarasa. Asupan gula itulah yang dapat menaikkan gula darah.

Untuk mengetahui seberapa banyak gula yang terkandung dalam minuman, baca teliti label komposisi dan informasi nilai gizi produk yang ada pada kemasan.

Hati-hati bila Anda tidak menemukan tulisan “gula” pada label, bukan berarti produk tersebut tidak mengandung gula sama sekali. Ada berbagai nama lain gula yang ada di minuman kemasan, seperti:

  • Sukrosa
  • Sirup jagung tinggi fruktosa
  • Sirup agave
  • Sirup maple
  • Dekstrosa
  • Glukosa
  • Sirup malt
  • Maltose
  • Galaktosa
  1. Nasi putih dan makanan berbahan dasar tepung terigu

Roti, pasta, dan nasi putih menjadi pantangan makanan paling umum untuk dihindari penderita diabetes. Menurut UK Diabetes Association, makanan tersebut merupakan sumber utama dari karbohidrat sederhana.

Di antara jenis karbohidrat lain, karbohidrat sederhana paling cepat dicerna dan diserap tubuh untuk diolah menjadi glukosa atau gula darah. Itu sebabnya, jenis makanan ini cenderung membuat gula darah melonjak dengan lebih cepat.

Walaupun termasuk pantangan, bukan berarti orang diabetes sama sekali tak boleh makan nasi putih atau pasta dari tepung terigu. Anda masih boleh mengonsumsinya, tapi batasi porsinya. Anda juga bisa menggantinya dengan makanan kaya serat dan protein.

Supaya gula darah tidak naik drastis, Anda bisa mengganti nasi putih dengan karbohidrat yang aman untuk diabetes, seperti nasi merah, jagung, atau ubi jalar. Sementara untuk roti putih dan pasta tepung, bisa diganti  dengan roti gandum atau pasta gandum  yang lebih sehat.

  1. Makanan kaya lemak trans

Pantangan makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah makanan yang mengandung lemak trans.

Beberapa jenis makanan kaya lemak trans adalah keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan gorengan. Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat tinggi dari kentang itulah yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Lemak trans juga sebagian besar ditemukan pada margarin, selai, dan makanan yang diawetkan.

Meski tidak benar-benar langsung menaikkan gula darah, lemak trans dapat memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik yang merupakan penyebab diabetes. Makanan pantangan diabetes ini juga dapat meningkatkan risiko kerusakan pembuluh darah dan mengurangi kadar kolesterol baik HDL.

Mematuhi pantangan makanan tinggi lemak trans dapat membantu mencegah kerusakan pembuluh darah akibat penyakit gula. Terutama bagi penderita yang juga berisiko tinggi kena penyakit kardiovaskuler akibat diabetes.

  1. Kopi dengan tambahan bahan lain

Rasa kopi memang pahit, tapi bahan-bahan penambah rasanya seperti karamel, sirup, krimer, susu atau whipped cream memiliki kadar gula tinggi. Begitu pula dengan kopi kemasan yang dicampur dengan gula pasir dan krimer. Itu sebabnya, kopi dengan tambahan bahan lain jadi salah satu pantangan yang harus dihindari orang diabetes.

Tentunya, Anda tetap bisa mengonsumsi kopi hitam apabila tidak diberi pemanis apa pun. Akan tetapi, asupan kopi harus diperhatikan karena kafein di dalamnya juga dapat memengaruhi kadar gula darah.

  1. Buah kering

gula dalam buah kering pantangan makanan untuk diabetes

Buah adalah camilan sehat bagi orang diabetes. Namun, buah kering tidak termasuk sebagai camilan sehat. Buah kering adalah salah satu makanan pantangan diabetes.

Buah kering diproses sedemikian rupa untuk menghilangkan sebagian besar kadar airnya, sehingga yang tersisa adalah kandungan gula alaminya.

Nah, selama proses pengeringannya ini, sebagian besar kandungan gizi dan vitamin serta mineral asli buah bisa hilang. Selain itu, produsen juga cenderung menambahkan lebih banyak gula lagi untuk mengawetkan sekaligus menambah citarasanya.

Penambahan gula ini justru membuat buah kering berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Memang, rata-rata buah segar pada umumnya juga mengandung gula. Namun bila dibandingkan dengan buah kering, tentu gula pada buah segar jauh lebih rendah dan sehat untuk diabetesi.

  1. Saus salad (dressing)

Semangkok sayur-sayuran segar bukanlah makanan pantangan bagi pengidap diabetes. Namun, lain cerita jika Anda menyirami sayuran tersebut dengan saus dressing, seperti salad pada umumnya.

Saus dressing, seperti mayonaise, tidak hanya mengandung gula tambahan, tapi juga tinggi garam dan lemak.

Agar tetap bisa makan salad dengan sehat, gunakanlah minyak zaitun dan minyak kelapa asli sebagai dressing.

  1. Madu, sirup agave, dan sirup maple

Anda mungkin mengira kalau madu untuk diabetes, sirup agave, dan sirup maple termasuk pemanis alami yang baik untuk penyakit kencing manis.

Faktanya, meski sering digunakan sebagai pengganti gula pasir, ketiga “gula alami” ini justru termasuk ke dalam daftar makanan pantangan untuk penderita diabetes. Ketiganya tetap sama-sama tinggi gula, bahkan total karbohidrat dari pemanis alternatif ini bisa jauh lebih tinggi.

Satu sendok makan gula putih memiliki 12,6 gr glukosa. Namun ternyata, kadar glukosa madu sebesar 17 gr, sirup agave sebesar 16 gr, dan sirup maple sebesar 13 gr.

Jadi, ketimbang mengganti gula pasir dengan pemanis makanan yang menjadi pantangan penyakit diabetes ini, akan lebih baik jika Anda memang mengurangi makanan tinggi gula.

  1. Saus tomat dan saus sambal botolan

Saus tomat termasuk makanan pantangan untuk diabetes. Menurut USDA, dua sendok saus tomat setara dengan 16 gram gula. Jika ini dikombinasikan dengan makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya nasi atau kentang goreng, tentu total gula yang dikonsumsi jadi lebih tinggi.

Namun, diabetesi bisa tetap aman mengonsumsi saus tomat dengan membuatnya sendiri di rumah. Dengan begitu, Anda bisa lebih selektif memilih bahan-bahan pembuatnya yang rendah gula atau mengatur komposisi gulanya seminimal mungkin.

Pantangan makanan bagi penderita diabetes bukan cuma yang manis

Anggapan bahwa makanan manis adalah satu-satunya pantangan untuk penderita diabetes tidak sepenuhnya benar.

Apa pun tipe diabetesnya, orang dengan penyakit gula umumnya masih bisa mengonsumsi makanan dan minuman manis atau yang mengandung gula. Hanya saja, pilih jenis makanan yang tepat serta takar porsinya agar tidak berlebihan.

Ingatlah bahwa prinsip pantangan untuk penyakit gula tidak hanya mengenai jenis makanan saja, tapi juga cara mengolah dan menyajikannya. Jika Anda masih khawatir akan memasukkan pantangan makanan dalam menu diet diabetes, konsultasikan pada dokter atau ahli gizi.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit gula, Pencegahan Diabetes dan masalah mengenai obat herbal diabetes

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment