5 Jenis Olahraga Kardio Sederhana di Rumah dan Manfaatnya

menjaga kesehatan

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat memberikan banyak manfaat baik secara fisik maupun mental Anda. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, mulai dari yang ringan seperti jalan santai hingga olahraga dengan intensitas tinggi seperti bersepeda. Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, olahraga di luar rumah mungkin akan membuat Anda khawatir. Anda juga tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di gym. Ada banyak olahraga yang tentunya bisa Anda dilakukan di rumah, salah satunya yaitu olahraga kardio.

Olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang meningkatkan detak jantung dan gerakannya dilakukan berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu. Contoh olahraga kardio adalah berlari, jalan santai, bersepeda, dan berenang. Merutinkan olahraga kardio dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler dan menjaga kebugaran jantung. Selain itu, rutin melakukan kardio dapat membantu mencegah terkena berbagai penyakit serta menjaga tubuh tetap fit.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa tubuh yang jarang melakukan latihan fisik bisa menyebabkan penyakit jantung iskemik atau yang lebih dikenal sebagai penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner inilah penyebab utama dari adanya serangan jantung. Inilah mengapa para ahli kesehatan merekomendasikan olahraga kardio secara rutin, terutama bagi Anda yang berusia di atas 30 tahun. Anda bisa melakukan latihan kardio selama 20-30 menit per harinya selama 4-5 hari selama seminggu untuk merasakan manfaatnya.

Anda bisa melakukan olahraga kardio dengan efektif di rumah tanpa menggunakan peralatan seperti gym. Berikut adalah beberapa jenis olahraga kardio yang bisa Anda lakukan di rumah:

lompat tali
Sumber : Foto oleh Dom J dari Pexels

1. Lompat Tali

Lompat tali sering dianggap sebagai latihan kardio terbaik dan digunakan oleh banyak altet untuk latihan. Anda dapat melakukannya hampir di mana saja hanya dengan tali lompat yang dapat Anda beli di toko olahraga terdekat. Itulah alasan mengapa lompat tali merupakan latihan kardio yang terbaik di rumah. Lompat tali merupakan latihan high impact, walaupun terlihat mudah Anda harus melakukan beberapa latihan secara perlahan. Dengan melompat selama 20 menit, Anda dapat membakar sekitar 220 kalori.

2. Squat Jump

Latihan kardio lain yang dapat Anda lakukan di rumah adalah squat jump. Seperti namanya, Anda mulai dalam posisi jongkok (squat) kemudian melompat (jump) setinggi mungkin, lalu mendarat dan kembali dalam posisi jongkok. Lakukan squat jump 30-60 detik dan gabungkan dengan latihan kardio lainnya. Squat jump juga harus di lakukan dengan benar supaya sendi terutama lutut, tidak mengalami cedera.

3. Menari

olahraga dengan menari
Sumber : Foto oleh Allan Mas dari Pexels

Ingin bersenang-senang dengan latihan kardio di rumah? Anda bisa menyetel musik atau video tari kesukaan Anda dan melakukan beberapa gerakan tarian. Lakukanlah gerakan tarian yang dapat memompa jantung dan juga membantu membangun otot dalam tubuh. Gunakanlah pakaian olahraga yang nyaman supaya Anda dapat memaksimalkan latihan kardio dengan menari. Jika Anda menginginkan latihan menari yang lebih terstruktur, Anda bisa mencari video tari seperti tarian latin, balet, bahkan hip hop.

4. Naik-Turun Tangga

Jika Anda memiliki lebih dari 6 anak tangga di rumah, Anda bisa menggunakannya untuk berlatih dengan naik-turun tangga. Latihan naik-turun tangga bisa memompa detak jantung dan membantu membangun kekuatan tubuh bagian bawah. Tantang diri Anda dengan interval mini secara bergantian untuk membakar lebih banyak kalori. Lakukan latihan ini selama 10 menit atau selama yang Anda bisa. Pastikan Anda menggunakan sepatu olahraga yang nyaman untuk menghindari terjadinya cedera.

5. Jogging di Tempat

Anda tidak perlu pergi ke luar atau berlari di treadmill untuk mendapatkan manfaat dari jogging. Jogging di tempat bagus untuk meningkatkan detak jantung dan juga sebagai pemanasan. Anda mungkin akan merasa bosan untuk jogging di tempat dalam waktu yang lama, itulah mengapa Anda perlu menambahkan latihan lain seperti lompat tali atau squat jump. Lakukanlah rutinitas gabungan kardio dengan jogging di tempat selama 20-30 menit supaya dapat membakar lemak dan membangun otot. Anda juga dapat mencari video latihan kardio secara online untuk yang menggabungkan banyak latihan dan memudahkan Anda dalam melakukan latihan kardio sendiri di rumah. 

Latihan kardio sangat penting untuk menjaga jantung Anda tetap sehat dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Mulailah melakukan beberapa latihan kardio secara rutin di rumah dengan perlahan untuk mengurangi risiko cedera.  Selain olahraga kardio yang rutin, Anda juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi suplemen makanan yang aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah Heartcare milik PT. Autoimun Care Indonesia, yang baik bagi Anda penderita penyakit kardiovaskuler karena kandungan ekstrak kunyit dan jinten hitamnya.

Related Posts

Leave a comment