5 Tips Jitu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anda

daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh adalah pertahanan pertama tubuh seseorang dari berbagai penyakit. Terlebih lagi akhir-akhir ini kita sering dihadapkan pada berbagai risiko terkena penyakit. Penyakit yang paling mudah menyerang tubuh adalah beberapa penyakit ringan yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri di sekitar kita sehingga tentu saja daya tahan tubuh harus kuat. Karena itu, semakin banyak cara dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut. Ada yang rela membayar mahal, namun ada juga yang cukup dengan menjaga pola hidup sehat tertentu. Berikut ini lima tips jitu yang mudah dilakukan tapi ampuh meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

1. Tidur yang cukup

Tubuh kita rutin memproduksi sitokin atau sel T, yaitu sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sel T ini akan diproduksi ketika kita sedang tidur. Artinya, tidur sangat penting untuk menjaga imunitas kita tetap dalam kondisi baik. Tidur yang dikatakan cukup yaitu setidaknya 7 jam dalam sehari. Agar tidur Anda semakin berkualitas, sebaiknya tidur dengan lampu redup atau mati untuk mengaktifkan sel-sel baik lainnya.

2. Mengonsumsi makanan sehat

vitamin daya tahan tubuh
Sumber : Foto oleh Trang Doan dari Pexels

Makanan yang masuk dan dicerna oleh tubuh sangat berpengaruh terhadap bagaimana tubuh merespon ketika ada virus atau bakteri jahat yang masuk. Bahkan, tidak jarang makanan tersebutlah yang menjadi jembatan virus atau bakteri bisa masuk. Jadi, menjaga pola makan sehat adalah wajib. Mulai dari pemilihan bahan makan, proses mengolah makanan, hingga waktu yang dipilih untuk mengkonsumsi makanan tersebut juga harus diperhatikan. Jangan sampai Anda sudah makan makanan sehat tapi dengan waktu yang tidak teratur. Atau sebaliknya, makan teratur tapi dengan makanan yang kurang bersih, misalnya. Bahkan jika perlu suplemen, konsumsilah suplemen alami yang tidak menyebabkan ketergantungan.

3. Aktivitas fisik atau olahraga ringan

Sel tubuh lain yang juga penting peranannya menjaga daya tahan tubuh adalah sel darah putih. Sel ini akan menyerang pemicu penyakit yang terlanjur masuk dalam tubuh. Olahraga ringan atau aktivitas fisik akan memicu peredaran sel darah putih lebih cepat. Hasilnya, tubuh kita akan lebih cepat juga dalam mengenali kuman pembawa penyakit tersebut. Selain itu, olahraga juga ampuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita melalui keringat yang kita keluarkan. Manfaat yang berlipat ganda, bukan?

4. Menjaga kebersihan diri

membersihkan diri
Sumber : Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Virus dan bakteri penyebab penyakit biasanya bertempat di lingkungan yang kotor atau tidak terawat kebersihannya. Itulah kenapa menjaga kebersihan diri akan meningkatkan perlindungan tubuh menjadi lebih kuat. Beberapa usaha meningkatkan kebersihan badan adalah dengan rajin mencuci tangan, sebelum makan, sebelum membersihkan anggota badan yang lain, setelah menggunakan toilet, baik toilet pribadi maupun umum, dan sebagainya. Ketika kita dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, berarti kita telah menurunkan risiko terkena penyakit dan secara tidak langsung imunitas kita akan lebih efisien dalam bekerja.

5. Mengelola Stres

Hormon kortisol adalah hormon yang menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun. Hormon ini akan meningkat jika kita mengalami stres, apalagi stres yang berkepanjangan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita harus mengelola stres dan menjadi bahagia. Memang mudah mengatakannya, namun bahagia adalah kunci dari tubuh yang sehat. Salah satu usaha untuk membahagiakan diri adalah mengelola berbagai pikiran negatif. Jika Anda sudah mengenali apa saja hal yang membuat Anda rentan memiliki pikiran negatif, Anda akan lebih mudah mengelolanya. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat pula. Begitu juga sebaliknya, jiwa yang sehat dan bahagia, adalah kunci tubuh yang kuat.

Bukankah tips meningkatkan daya tahan tubuh di atas mudah untuk dilakukan? Meskipun mudah, namun kita harus memulai kebiasaan baik tersebut dari sekarang. Kegiatan kecil namun baik bagi tubuh tentu akan lebih efektif dirasakan manfaatnya ketika dilakukan secara rutin. Untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh, Anda dapat mengonsumsi berbagai suplemen dari bahan yang alami sebagai tambahan makan. Salah satunya adalah produk Morice-Care dari PT. Autoimun Care Indonesia yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan imunitas Anda.

Related Posts

Leave a comment