Ini 11 Makanan yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes yang Enak dan Tetap Manis

makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes

Ini 11 makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yang Enak dan Tetap Manis | Seorang penderita diabetes akan menghadapi begitu banyak larangan, khususnya dalam mengkonsumsi makanan. Terlebih makanan yang rasanya manis. Salah dalam memilih makanan tentunya akan menyebabkan kadar gula darah naik. Bahkan makan makanan yang terlarang dapat langsung memberikan dampak terhadap kesehatan orang yang menderita diabetes.

Baca juga: 4 Pengobatan Diabetes Melitus Alternatif yang Aman Tanpa Efek Samping

Diabetes mellitus merupakan penyakit kronis yang ditandai tingginya kadar gula dalam darah. Hal itu akibat terganggunya fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Padahal insulin ini sangat penting untuk mengubah glukosa menjadi energi tubuh.

Kondisi inilah yang mengharuskan penderita diabetes untuk menjaga betul asupan makanannya. Tanpa kontrol yang baik, asupan glukosa hanya akan menumpuk. Selain bisa mengancam kesehatan, kondisi ini juga memicu komplikasi yang berbahaya.

Akibat yang umum akan segera terasa saat salah makan diantaranya pusing, penglihatan terganggu, lelah, hingga kehilangan kesadaran. Karena itulah sangat penting bagi penderita diabetes menjaga dan mengontrol asupan makanannya.

Pilihan Makanan untuk Penderita Diabetes yang Disarankan

Makanan untuk penderita diabetes kabarnya tidak boleh yang manis-manis. Bahkan orang yang telah divonis diabetes harus mengkonsumsi makanan yang tawar dan tidak mengundang selera. Benarkah anggapan semacam ini?

Di bawah ini adalah daftar makanan sehat yang sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Selain aman, makanan ini juga manis dan enak.

Ubi jalar

Makanan sumber karbohidrat lainnya yang juga aman untuk penderita diabetes adalah ubi jalar. Makanan untuk penderita diabetes ini kadar indeks glikemiknya rendah sehingga aman. Apalagi rasanya yang agak manis.

Oatmeal

Untuk anda yang menderita diabetes, oatmeal bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk tubuh. Selain aman dikonsumsi, anda bisa mencampurnya dengan pisang atau strawberry agar lebih enak.

Jagung

Nilai glikemik jagung ternyata juga rendah yang cocok untuk pengganti nasi bagi penderita diabetes. Jagung juga kaya serat pati resisten yang baik untuk mengontrol gula darah.

Tomat

Tomat diketahui mengandung likopen dan lutein yang berguna untuk melindungi ginjal dan pembuluh darah. Buah ini juga baik untuk mencegah penggumpalan darah yang terjadi karena diabetes.

Nasi merah

Meskipun merupakan makanan utama orang Indonesia, namun nasi putih harus dihindari penderita diabetes. Sebagai gantinya, nasi merah sangat disarankan. Selain indeks glikemiknya rendah, nasi merah juga kaya karbohidrat.

Buah Beri

Buah beri seperti blackberi, stroberi, atau bluberi bersifat antioksidan yang berguna bagi penderita diabetes untuk mencegah stres oksidatif. Buah ini juga kaya serat yang baik dalam menangkal kenaikan kadar gula darah.

Daging

Ada yang bilang diabetes tidak boleh makan daging. Padahal yang terlarang adalah lemak dagingnya. Daging aman dan bisa dikonsumsi diabetes namun jangan dengan digoreng.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya gizi dan juga aman untuk penderita diabetes. Kandungan sulforaphane dalam sayuran ini berguna melindungi dinding pembuluh darah akibat diabetes.

Ikan laut

Ikan laut seperti tuna, salmon, atau sarden merupakan makanan untuk penderita diabetes yang sarat akan gizi. Selain kaya omega 3, makanan laut itupun mengandung nutrisi penting untuk tubuh. Selain aman dan baik untuk diabetes, mengolah ikan ini sebaiknya dengan dikukus dan bukan digoreng.

Bayam

Pilihan makanan untuk penderita diabetes lainnya adalah bayam. Selain kaya dengan nutrisi, sayuran hijau ini juga mengandung lutein yang baik untuk diabetes. Sayuran ini juga bisa diolah menjadi lauk yang enak.

Kacang-kacangan

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes yag terakhir adalah Kacang-kacangan. Cemilan paling baik untuk penderita diabetes adalah kacang-kacang. Selain indeks glikemiknya rendah, makanan ini juga mengandung karbohidrat kompleks dan magnesium yang aman dan mampu mengontrol kadar gula darah.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dipih antara lain kacang tanah, almond, mete, kacang merah, kacang kenari, dan kacang pstachio. Namun karena kacang ini juga tinggi kalori sebaiknya jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Itulah berbagai makanan untuk penderita diabetes yang sangat rekomendasi dan bisa diolah menjadi makanan yang enak dan manis namun tetap aman.

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit gula, Pencegahan Diabetes dan masalah mengenai obat herbal diabetes

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment