Makanan Sumber Vitamin D yang Mudah Ditemukan

vitamin D

Our body is our tample. Yup, mungkin kita sudah sering sekali mendengar peribahasa barat tersebut yang artinya tubuh kita adalah tempat suci bagi diri kita. Bagaimana tidak, tubuh kita adalah penopang hidup kita yang selalu harus kita jaga kesehatannya. Bicara soal menopang hidup, tubuh kita ditopang oleh kerangka tulang yang kompleks. Tugas kita tentu saja untuk menjaga kesehatan tulang tesebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin D.

Salah satu aspek dari kesehatan tubuh yang harus dijaga adalah kesehatan tulang. Tulang sebagai penyangga dan pemberi bentuk tubuh haruslah dirawat dengan penuh perhatian, yaitu dengan memberinya berbagai asupan nutrisi yang mencukupi, salah satunya adalah vitamin D. Namun lebih dari itu, vitamin D juga memiliki andil lebih dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Apa sajakah manfaat vitamin D tersebut? Berikut beberapa ulasan mengenai manfaat dari vitamin D selain baik untuk tulang.

1. Menjaga kekebalan tubuh

Vitamin D memiliki manfaat untuk menjaga kekebalan atau imunitas tubuh sehingga serangan penyakit dari luar dapat dicegah. Di samping itu vitamin D juga dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh Anda, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan serangan hipertensi atau darah tinggi yang buruk.

2. Membantu kehamilan

Wanita yang sedang dalam masa mengandung rentan terhadap kekurangan vitamin D yang berakibat menjadi preeklamsia, diabetes gestasional, vaginosis bakterialis, serta mempertinggi kemungkinan operasi caesar. Oleh karena itu, dibutuhkan lebih banyak vitamin D disaat Anda mengandung.

3. Menguatkan otot dan tulang

tulang sehat
Sumber : Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Dengan asupan vitamin D yang tercukupi, tulang dalam tubuh Anda akan selalu dalam kondisi prima sehingga dapat mencegah kemungkinan mengalami osteoporosis atau pelapukan tulang. Kemudian, vitamin juga memiliki andil dalam kekuatan otot karena bila tubuh mengalami kekurangan vitamin D, otot akan menjadi lebih lemah apalagi dengan ditambahnya faktor usia. Jadi, perbanyak vitamin D sejak sekarang dan jangan menunggu hingga tua.

4. Mencegah kanker

Banyak ahli kesehatan meyakini bahwa mengkonsumsi vitamin D secara cukup dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker payudara. Hal tersebut disebabkan karena kandungan calcitriol yang terkandung dalam vitamin D dapat meningkatkan kematian sel kanker, memperlambat proses perkembangan, dan penyebaran sel kanker.

Sebenarnya, vitamin D terbentuk secara alami oleh tubuh tatkala kulit berinteraksi dengan sinar matahari secara langsung. Terlebih lagi, kebutuhan vitamin D oleh tubuh hampir sebagian besar telah terpenuhi melalui paparan sinar matahari. Namun tentu saja ada saat-saat tertentu di mana tubuh mengalami kekurangan vitamin D karena berbagai macam faktor. Nah di saat itulah kita memerlukan sumber vitamin D dari luar. Berikut adalah beberapa sumber makanan yang mudah ditemukan untuk mempermudah Anda memenuhi asupan vitamin D yang cukup.

– Ikan

Ikan terkenal dengan kandungan nutrisinya yang beraneka ragam yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah vitamin D. Perlu Anda ketahui, bahwa lemak yang terdapat di dalam tubuh ikan membantu tubuh dalam proses penyerapan vitamin D. Beberapa contoh ikan yang memiliki kandungan vitamin D tinggi adalah ikan sarden, ikan salmon, ikan patin, serta ikan tuna. Agar memiliki variasi menu harian sebagai substitusi ikan, Anda dapat menggantinya dengan seafood lain seperti udang dan tiram yang kandungan vitamin D-nya juga tidak kalah banyak.

– Susu kedelai

Memang sebagian besar makanan yang mengandung vitamin D adalah produk makanan hewani, namun bukan berarti produk makanan nabati tidak memiliki vitamin D. Salah satu produk nabati yang memiliki kandungan vitamin D yaitu susu kededai. Karena dalam proses produksinya susu kedelai mendapat fortifikasi vitamin D untuk menunjang kebutuhan harian Anda.

– Telur

Sebagaimana kita ketahui, telur merupakan sumber protein tanpa lemak. Namun tahukan Anda, manfaat telur lebih dari itu. Telur juga mengandung asupan nutrisi vitamin D bagi tubuh. Telur juga dapat dijadikan sebagai sumber alternatif vitamin D bagi Anda yang mengalami alergi terhadap seafood. Sehingga tidak ada lagi rasa cemas kekurangan vitamin D.

– Jamur

jamur kancing
Sumber : Foto oleh Laker dari Pexels

Produk makanan nabati lain yang juga mengandung vitamin D adalah jamur. Ya, jamur dengan kemampuannya untuk tumbuh dengan pesat di bawah terik matahari mampu memproduksi vitamin D saat terkena sinar ultraviolet. Salah satu jenis jamur dengan kandungan vitamin D tinggi dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket adalah jamur kancing.

Tunggu apa lagi? Segera penuhi kebutuhan tubuh dari sumber vitamin D dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut. Tak lupa, pola hidup sehat, olahraga teratur, serta pola pikir yang baik harus selalu Anda jaga demi kesehatan tubuh tercinta. Jika Anda memang merasa membutuhkan suplemen tambahan yang alami dan dapat digunakan dalam jangka panjang, maka Morice Care jawabannya.

Related Posts

Leave a comment