Komplikasi Penyakit Paru Paru Basah Yang Dapat Terjadi!

Komplikasi-Penyakit-Paru-Paru-Basah-Yang-Dapat-Terjadi!

Penyakit yang juga disebut dengan nama pneumonia ini pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi jamur, bakteri ataupun virus. Kemudian infeksi tersebut akhirnya membuat paru paru meradang dan akan semakin parah jika tidak mendapatkan penanganan lebih lanjut. Yang terjadi adalah penderita akan mengalami gangguan pada alveoli atau kantong udara pada paru yang akhirnya penuh dengan cairan atau nanah. Dengan demikian paru-paru pun akan semakin kehilangan kemampuan untuk menyerap oksigen secara optimal. Bahkan perlu Anda ketahui bahwa paru-paru basah bisa disebabkan oleh kurang lebih 30 penyebab infeksi, mulai dari bakteri, jamur, virus, mikroplasma, bahkan bisa juga disebabkan oleh senyawa kimia yang masuk dari luar.  

Namun pneumonia yang diakibatkan oleh bakteri adalah kondisi yang paling jarang ditemukan. Akan tetapi justru infeksi yang diakibatkan oleh bakteri inilah yang bisa membuat infeksi terjadi lebih parah ketimbang infeksi lain yang disebabkan selain bakteri. Dan penyebab paru paru basah yang paling umum adalah virus sinsitial pernapasan atau virus RSV, virus painfluenzae, adenovirus, dan influenzae.  

 

Gejala Penyakit Paru Paru Basah  

Gejala paru-paru basah (pneumonia) bervariasi mulai dari yang ringan hingga yang berat, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kuman penyebab, usia penderita dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.  

Gejala pneumonia yang ringan sering kali mirip dengan flu atau common cold (sakit demam, batuk-pilek), namun tak kunjung sembuh atau bertahan lama.  

Gejala umum paru paru basah karena bakteri dapat berkembang dengan cepat, berikut ini termasuk gejalanya:  

– Mual dan muntah.  

– Nafas cepat.  

– Denyut jantung tang cepat.  

– Kesulitan bernafas.  

– Sakit dada.  

– Demam dan menggigil.  

– Batuk kering.  

– Nyeri otot.  

 

Komplikasi Penyakit Paru Paru Basah 
Abses Paru-paru

Jika sudah timbul gejala paru-paru bermasalah, seperti halnya paru-paru basah, maka Anda perlu segera tanggap dan melakukan pemeriksaan. Sebelum gejala bertambah serius dan bisa menjadi komplikasi, pneumonia perlu ditangani sesegera mungkin. Salah satu bahayanya adalah terjadinya abses paru-paru. Abses paru sendiri merupakan sebuah kondisi paru-paru yang terinfeksi dan penyakit ini mampu memicu pembengkakan di mana di dalamnya berisi nanah.

Tak hanya bengkak, terjadi pula nekrotik di bagian jaringan organ paru-paru, ditambah pula dengan rongga berisi butiran nekrotik yang terbentuk. Semuanya itu merupakan efek akibat dari adanya infeksi mikroba. Kondisi gangguan kesehatan ini bisa dialami oleh siapapun dengan usia berapapun, tapi orang-orang dengan usia 60 tahun lebih akan lebih berisiko mengalami komplikasi ini 

Infeksi Darah

Terjadinya infeksi darah atau yang juga disebut dengan sepsis merupakan sebuah kondisi yang tak bisa dianggap enteng. Menjadi salah satu bahaya dari paru-paru basah, infeksi darah ini mampu berpengaruh terhadap sistem daya tahan tubuh. Bila penanganannya cukup cepat, risiko terjadinya reaksi tubuh yang tak diharapkan pun menjadi lebih kecil. 

TBC

Selain itu, bahaya paru-paru basah lainnya yang berpotensi terjadi adalah TBC alias tuberkulosis di mana gejala utama yang paling umum adalah terjadinya batuk berdahak yang bisa lebih dari 3 minggu yang bahkan terkadang disertai darah. Tubuh yang lelah, demam, turunnya berat badan dan hilangnya selera makan merupakan gejala yang patut untuk Anda waspadai sesegera mungkin. 

Bronkitis

Pasti sudah tak asing dengan penyakit bronkitis di mana kondisi ini adalah adanya infeksi yang menyerang bagian saluran pernapasan utama. Ternyata bronkitis tidaklah terjadi begitu saja karena kondisi ini pun mampu menjadi akibat atau bahaya dari paru-paru basah.

Kanker Paru-paru

Tumbuhnya tumor yang berkembang menjadi kanker paru-paru juga sangatlah memungkinkan bagi para penderita paru-paru basah, terutama yang memang sudah berada pada usia lanjut. Kanker paru-paru tidaklah hanya berisiko bagi orang-orang yang merokok secara aktif, tapi juga orang-orang yang mengalami masalah pada paru-parunya dan tidaklah ditangani dengan cepat dan benar. 

Efusi Pleura

Ketika gejala paru-paru basah sudah muncul dan Anda merasakan ketidaknyamanan selama beraktivitas yang berhubungan dengan pernapasan, segeralah ke dokter sebelum terjadi kondisi lebih lanjut yang tak diharapkan. Efusi pleura merupakan salah satu gangguan kesehatan akibat paru-paru basah yang tak segera mendapat pertolongan.  

Efusi pleura mungkin masih kurang begitu familiar bagi sebagian dari kita di mana kondisi ini adalah adanya cairan menumpuk di antara 2 lapisan pleura. Pleura sendiri adalah membran pemisah antara dinding dada bagian dalam dengan paru-paru dan fungsi dari cairan yang dihasilkan pleura adalah melumasi paru-paru.  

Paru-paru kita bisa bergerak secara lancar saat bernapas itu semua berkat pelumas yang diproduksi oleh pleura. Hanya saja, saat terjadi penumpukan cairan yang berlebihan, otomatis akan timbul gejala-gejala yang cukup tak nyaman bagi penderitanya.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit dan masalah mengenai Penyakit Paru Paru Basah.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment