Kenali Gejala Yang Mungkin Diderita Saat Sakit Paru-Paru Basah!

Kenali-Gejala-Yang-Mungkin-Diderita-Saat-Sakit-Paru-Paru-Basah!

Kenali Gejala Yang Mungkin Diderita Saat Sakit Paru-Paru Basah!

Paru-paru basah adalah penyakit yang bisa tergolong ringan atau menjadi serius sebagaimana dapat membahayakan nyawa penderita. Walau begitu, paru-paru basah dapat dicegah dari sekarang, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan diri demi mencegah penularan kuman, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, dan berhenti merokok.

Paru-paru basah atau pneumonia adalah penyakit akibat infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara atau pada alveolus di salah satu bagian paru-paru, atau bahkan keduanya. Paru-paru basah dapat disebabkan oleh serangan (infeksi) virus, jamur, atau bakteri terhadap sistem pernapasan.  

Sebagian besar penyebab paru-paru basah adalah serangan dan infeksi bakteri, lebih dari 30 jenis bakteri yang bisa menjadi penyebabnya. Namun begitu jamur dan parasit serta sebagian kecil kasus pneumonia karena serangan virus. Meskipun paru-paru basah bukan termasuk jenis penyakit mematikan, namun penyakit ini akan memiliki resiko tinggi jika menyerang anak-anak serta mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.  

Gejala Paru Paru Basah  

Gejala umum paru paru basah karena bakteri dapat berkembang dengan cepat, berikut ini termasuk gejalanya: 

  • Nyeri otot
  • Sakit dada
  • Napas cepat
  • Demam dan menggigil
  • Batuk kering
  • Mual / muntah
  • Denyut jantung yang cepat
  • Kesulitan bernapas.

Beberapa gejala paru paru basah yang mungkin menunjukkan keadaan darurat medis meliputi:

  • Kulit berubah warna menjadi kebiruan (karena kekurangan oksigen)
  • Demam tinggi (39 ° C atau lebih tinggi)
  • Darah dalam dahak (batuk berdarah)
  • Sesak napas
  • Kebingungan
  • Denyut jantung yang cepat.

Pengobatan Paru Paru Basah  

Jenis pengobatan yang digunakan untuk mengobati paru paru basah akan tergantung pada jenis dan berat ringannya penyakit. Dalam banyak kasus, paru paru basah dapat diobati dengan perawatan di rumah. Rencana perawatan untuk paru paru basah termasuk mengonsumsi semua obat yang diresepkan dan mengikuti setiap perawatan tindak lanjut. Pada prosesnya mungkin diperlukan pemeriksaan rongsen dada guna memastikan apakah pneumonia telah berhasil diobati.

Mengobati Paru paru Basah Bakteri Antibiotik digunakan untuk mengobati paru paru basah yang disebabkan oleh bakteri. Obat antibiotik ini harus diminum sesuai arahan dokter. Jika penggunaan antibiotik dihentikan sebelum waktu yang ditentukan, maka paru paru basah bisa gampang kambuh kembali. Jadi harus sabar, karena kebanyakan orang akan membaik setelah 1-3 hari pengobatan. 

Mengobati Paru paru Basah Virus Antibiotik tidak berguna jika virus adalah penyebabnya. Namun, obat antivirus dapat membantu mengobati kondisi tersebut. Setelah diobati, biasanya gejala akan membaik dalam waktu 1-3 minggu. Paru paru basah bisa di sembuhkan secara total biasanya jika anda mengunjungi dokter anda akan di berikan pengobatan dengan antibiotik proses nya pun cukup panjang yaitu 6-9 bulan pengobatan.

Dalam proses nya anda harus mematuhi segala arahan dari dokter karena obat yang di gunakan adalah obat antibiotik yang dikala waktu jika anda tidak mematuhi anjuran dari dokter bakteri penyebab paru paru basah bisa menjadi lebih kuat dan akan sulit untuk di sembuhkan sehingga pengobatan nya pun semakin lama. Kunci dari pengobatan paru paru basah agar bisa sembuh total adalah mematuhi arahan dari dokter dan membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan berolahraga secara rutin dan tak ketinggalan berhenti merokok.

Paru paru basah sangat berbahaya sekali karena kerusakan yang ditimbulkan nya dapat mengancam nyawa terlebih lagi jika paru paru basah sudah menimbulkan komplikasi kanker yang mana penyembuhan nya tidak cukup dengan antibiotik melainkan dengan kemoterapi.

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit dan masalah mengenai Penyakit Paru-Paru Basah.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment