5 Jenis Herbal Jantung yang BIsa Dijadikan Alternatif

herbal jantung

5 Jenis Herbal Jantung yang BIsa Dijadikan Alternatif | Selama ini masyarakat beranggapan bahwa penyakit jantung hanya dapat diatasi dengan obat-obatan kimia. Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan obat alami atau herbal jantung juga tepat untuk dilakukan. Herbal alami ini diklaim lebih aman untuk kesehatan dan tidak menyebabkan terbentuknya endapan sisa obat di ginjal, sehingga bagus untuk ginjal. 

Baca juga: 5 Cara Mengoptimalkan Masa Pemulihan Pasca Kemoterapi

Meskipun begitu ada baiknya tidak hanya mengandalkan herbal melainkan juga diimbangi dengan pemeriksaan kondisi jantung secara rutin. Pemeriksaan ke dokter secara berkala membantu memonitor perkembangan organ jantung. Ketika konsumsi herbal sudah tepat maka akan mengalami perubahan positif dari waktu ke waktu. 

Perubahan ini tentu tidak terjadi secara instan, apalagi sifat herbal dalam bekerja adalah memperbaiki sel-sel yang rusak secara perlahan. Sehingga jika dilihat dari kinerja memang kalah cepat dengan obat kimia, namun dari segi keamanan atau efek samping yang ditimbulkan memang lebih terjamin. Tidak semua herbal baik untuk mengatasi penyakit jantung, smak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui herbal apa saja yang direkomendasikan.   

Jenis Herbal untuk Penyakit Jantung 

Penyakit jantung merupakan kondisi dimana organ jantung tidak dapat menjalankan fungsinya. Gangguan ini kemudian memunculkan gejala tidak nyaman bagi seseorang dan meningkatkan resiko mengalami kematian mendadak, sebab bisa saja mengalami serangan jantung. 

Apabila memiliki penyakit jantung, tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi beberapa herbal jantung berikut ini: 

  • Bawang Putih 

Bawang putih diketahui mengandung antioksidan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang berlebih. Sehingga bisa membantu menstabilkan tekanan darah yang tentu baik untuk kesehatan jantung. Bumbu masakan satu ini sangat tepat dijadikan obat alami untuk penyakit jantung koroner yang diderita. 

Konsumsi bawang putih tidak harus mengkonsumsi langsung dalam kondisi mentah, kecuali jika Anda cukup tahan dengan aroma dan rasanya yang kuat. Solusi lain adalah mengolahnya bersama masakan, sehingga lebih ramah di lidah. Supaya kandungannya tidak rusak maka bisa dimasak sebentar saja. 

  • Kulit Manggis 

Kulit manggis dikenal bagus untuk kesehatan jantung dan organ vital lainnya berkat kandungan xamthone di dalamnya. Mengkonsumsi kulit manggis secara teratur bisa membantu menjaga jantung berfungsi dengan baik, sehingga aman dan baik dikonsumsi pasien jantung koroner. 

Xamthone bisa membantu merangsang penyerapan antioksidan dari makanan dan sumber lainnya. Antioksidan sendiri diketahui bisa memerangi radikal bebas, dan di dalam kasus jantung koroner radikal bebas bisa memicu penyumbatan di pembuluh darah. Rutin mengkonsumsi kulit manggis yang sudah diolah efektif mencegah dan mengatasi penyumbatan tersebut. 

  • Kunyit Putih 

Kunyit putih juga menjadi salah satu herbal jantung koroner yang bisa dicoba untuk dikonsumsi rutin. Herbal satu ini memiliki kandungan zat anti lipid peroksida yang bisa membantu mengobati penyakit jantung koroner. Selain itu zat ini juga efektif untuk mengatasi penyakit diabetes dan asam urat. 

  • Teh Hijau 

Teh hijau masuk ke dalam kategori herbal karena sejumlah senyawa di dalamnya yang bagus untuk kesehatan. Senyawa-senyawa ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, baik ringan maupun yang berat. Pasien jantung koroner bisa rutin minum teh hijau antara 1-2 cangkir sehari. 

Teh hijau diketahui mengandung antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk atau berlebihan. Sehingga mencegah pembentukan plak di pembuluh darah yang bisa meningkatkan tekanan darah dan memicu serangan jantung maupun stroke. Selain itu dengan peredaran darah yang lancar maka jantung akan lebih sehat dan berfungsi dengan normal. 

  • Daun Sirsak 

Daun sirsak juga bagus untuk perawatan pasien jantung koroner agar bisa memperpanjang harapan hidup dan menstabilkan kinerja jantung. Sebab daun sirsak memiliki sifat validator yang dapat merangsang pelebaran pembuluh darah, sehingga sistem peredaran darah lebih lancar. 

Kondisi ini tentu menguntungkan untuk jantung karena tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah yang kaya akan oksigen. Kinerjanya terjaga dan juga fungsinya akan stabil. Pasien jantung koroner bisa meminimalkan serangan jantung maupun masalah lain di organ ini jika rutin mengkonsumsi rebusan daun sirsak. 

Tips Aman Mengkonsumsi Obat Herbal 

Obat herbal memang menjadi pilihan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung. Herbal sendiri dikenal sebagai pilihan alami dan aman, namun tahukah Anda jika herbal memiliki kinerja yang kompleks begitu juga dengan kandungan senyawa kimia di dalamnya? 

Sifat ini memberi informasi bahwa konsumsi herbal pun tidak biasa asal-asalan. Simak tips aman berikut saat ingin rutin mengkonsumsi herbal jantung: 

  • Sebaiknya selalu mengutamakan obat herbal yang sudah memiliki ijin edar dari BPOM. 
  • Cek tanggal kadaluarsa herbal tersebut, pastikan tidak mengkonsumsi herbal yang sudah melebihi tanggal kadaluarsa karena justru akan berbahaya. 
  • Baca dengan teliti mengenai petunjuk pemakaian agar bisa tahu aturan pakai maupun dosis, sebab meskipun herbal ketika diminum  berlebihan bisa memunculkan efek samping yang merugikan. 
  • Konsultasikan dengan dokter apabila ingin mengkonsumsi herbal jantung, sehingga bisa tahu dari awal apakah herbal ini bisa berdampak pada obat-obatan dari dokter maupun tindakan medis yang tengah dijalani. 
  • Apabila masih bingung mengenai informasi produk, misal dari komposisi atau apapun sebaiknya menghubungi customer service dari produsen obat herbal tersebut. 

Minum herbal jantung bisa membantu menjaga kesehatan organ jantung asalkan diminum dengan tepat. Jadi, ada baiknya mengutamakan obat herbal yang sudah diproduksi pabrik dan punya label sekaligus punya izin BPOM. Namun tidak ada salahnya juga untuk meracik herbal sendiri, asalkan tahu bagaimana meracik dan mengatur dosis konsumsinya. 

sumber: 

  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4765087/5-obat-sakit-jantung-alami-sederhana-dan-lebih-aman
  • https://www.alodokter.com/panduan-mengonsumsi-obat-herbal
  • https://www.honestdocs.id/panduan-cara-aman-minum-obat-herbal

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit, masalah mengenai Jantung, Jantung Koroner, dan obat jantung Herbal

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment