Inilah Gejala Penyakit Maag Ringan Yang Ada Pada Tubuh!

Inilah-Gejala-Penyakit-Maag-Ringan-Yang-Ada-Pada-Tubuh!

Inilah Gejala Penyakit Maag Ringan Yang Ada Pada Tubuh! – Orang yang sakit maag ringan tidak akan merasakan nyeri dikarenakan pengikisan lambung belum ada.

Baca juga : PENGOBATAN HERBAL SAKIT MAAG

 

Berikut ini adalah gejala penyakit maag ringan yang perlu diketahui dan diwaspadai: 
Suhu badan naik

Penderita maag ringan akan mengalami peningkatan pada suhu tubuhnya. Hal ini akan terjadi pada penderita maag ringan. Yang menyebabkan suhu badan naik pada penderita maag ringan adalah adanya gangguan pencernaan yang ada di lambung. Sehingga bisa dikatakan bahwa suhu tubuh meningkat diakibatkan gangguan pencernaan yang ada di lambung sehingga proses reaksi kimia yang ada di lambung akan dipercepat. Reaksi kimia yang dipercepat itulah yang menyebabkan suhu tubuh menjadi meningkat. 

Keringat Dingin

Salah satu tanda orang yang mengalami sakit maag ringan atau maag tahap awal adalah dia akan sering mengeluarkan keringat dingin. Keringat dingin yang dialami tidak boleh dianggap remeh sebab merupakan indikasi dari penyakit. Keringat dingin adalah keringat yang keluar dari tubuh seseorang namun didalam tubuhnya merasakan kedinginan. Keringat dingin muncul bersamaan dengan rasa mual dan muntah. 

Lidah Tidak Enak

Tanda lainnya dari maag ringan adalah dia akan mengalami lidah terasa tidak enak sehingga mulutnya digunakan untuk mengunyah dan menelan makanan menjadi tidak enak. Salah satu hal yang menyebabkan mulut dan lidah terasa tidak enak dikarenakan adanya penebalan lapisan lidah. Memang kondisi lidah seseorang bisa menandakan kondisi kesehatan seseorang. 

Misalnya lidah putih, adanya bintik merah pada lidah, adanya bintik hitam di lidah dan lain sebagainya. Lidah yang pahit pun juga menjadi indikasi bahwa anda sedang mengalami penyakit tertentu. 

Wajah Pucat

Ciri atau tanda dari sakit maag ringan adalah wajah terasa pucat. Hal ini akan terjadi ketika orang tersebut telah kehilangan nafsu makannya selama berhari-hari. Wajah yang pucat disebbkan oleh tubuh yang kekurangan enegi sehingga aliran oksigen dan aliran sel darah merah di seluruh tubuh menjadi tidak lancar. 

Sering Sendawa

Tanda maag yang mudah dikenali adalah sendawa yang terlalu sering terjadi. Jika dalam sehari anda sering bersendawa segera cek kesehatan lambung anda. Salah satu penyebab sering bersendawa adalah naiknya asam lambung di dalam lambung seseorang. Asam lambung itulah yang merangsang tubuh untuk bersendawa. 

Kondisi asam lambung tinggi akan membuat gas dan asam yang ada di lambung menuju ke kerongkongan dan cara mengeluarkannya adalah dengan cara sendawa. Jika sendawa anda memiliki aroma yang biasa saja maka asam lambung anda dalam keadaan normal. Namun jika sendawa meiliki bau yang tidak sedap maka asam lambung anda sedang naik. 

Hilangnya Nafsu Makan

Pada penderita maag tahap awal atau ringan biasanya mereka hanya akan merasakan nafsu makan yang hilang. Namun jika hilang nafsu makan ini dibiarkan secara terus menerus lambung akan mengalami pengikisan dan luka. Banyak orang yang mengalami maag setelah dirinya sering terlambat makan atau sering tidak makan. 

Saat perut kosong kondisi asam lambung menjadi naik sehingga jika terjadi terus menerus asam lambung itu membuat dinding lambung menjadi terluka. Orang yang belum menderita maag dan berpotensi mengalami maag adalah orang yang suka telat makan dan tidak suka makan secara teratur. Sedangkan pada orang yang sudah menderita maag ringan, kehilangan nafsu makan itu terjadi akibat peningkatan asam lambung di dalam lambungnya. 

Perut Terasa Kembung

Orang yang mengalami maag ringan dan tidak nafsu makan akan semakin kehilangan nafsu makannya dikarenakan kondisi perutnya yang terasa tidak enak. Orang yang mengalami maag ringan perutnya akan terasa kembung sebab lambung telah terisi penuh dengan asam lambung sehingga perut terasa kembung.  

 

Cara Mencegah Penyakit Maag Ringan 
Makan teratur dengan porsi yang cukup 

Salah satu yang menjadi penyebab utama maag kambuh adalah karena penderita tidak makan secara teratur. Dengan pola makan teratur sakit maag tidak mudah untuk kambuh lagi. Hindari menunda jam makan dan sebaiknya makanlah dengan porsi yang cukup yang artinya makan tidak terlalu banyak tapi tidak sedikit. Dengan hal ini sakit maag dapat dicegah. 

Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung

Ada beberapa makanan dan minuman yang dilarang untuk penyakit seperti kopi, keju, dan coklat. selain dapat membuat sakit maag kambuh kembali, makanan tersebut juga dapat meningkatkan asam lambung.

Istirahat yang cukup

Selain dapat menyehatkan tubuh, istirahat yang cukup juga dapat mencegah sakit maag kambuh kembali. Dianjurkan 8 jam waktu istirahat. Dengan cara ini tentunya kondisi kesehatan akan semakin membaik.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan dan masalah mengenai cara atasi maag.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment