Mengenal Gejala GERD dan 10 Cara Mengatasinya

gejala GERD

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika isi perut atau asam lambung naik dari perut ke kerongkongan. GERD terjadi karena adanya gangguan pada sistem pencernaan yang mempengaruhi otot yang disebut lower esophageal sphincter (LES) antara kerongkongan dan perut.

Normalnya, otot tersebut akan terbuka saat Anda menelan makanan atau minuman. Setelah makanan masuk menuju perut, secara otomatis otot itu akan kembali menutup dengan kencang untuk mencegah makanan atau isi dari dalam perut naik menuju kerongkongan. Namun, bagi pengidap GERD, otot tersebut akan mengalami gangguan sehingga tidak menutup dengan kencang. Hal itulah yang membuat isi perut atau asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Asam lambung dapat menyebabkan rasa terbakar yang tidak nyaman di dada hingga menjalar ke kerongkongan atau yang sering disebut heartburn. Heartburn bisa datang kapan saja, namun seringkali terasa lebih menyakitkan setelah makan. Sebagian besar dari pengidap GERD merasakan heartburn akan memburuk saat posisi berbaring yang akhirnya membuat mereka mengalami kesulitan untuk tidur. Selain itu bagian belakang mulut penderitanya akan terasa asam dan pahit yang nantinya dapat membuat orang tersebut memuntahkan makanan atau cairan dari dalam perut. Jika hal ini terjadi terus menerus akan menyebabkan peradangan dan iritasi pada lapisan kerongkongan.

Faktor-faktor yang juga menyebabkan GERD termasuk:

  • Terlalu banyak tekanan pada perut. Beberapa wanita hamil mengalami mulas hampir setiap hari karena tekanan yang meningkat pada perut.
  • Jenis makanan tertentu, misalnya produk olahan susu, makanan pedas atau gorengan, dan kebiasaan makan yang tidak sehat.
  • Pengobatan yang meliputi obat asma, tekanan darah tinggi dan alergi serta obat penghilang rasa sakit, sedatif, dan antidepresan
  • Hiatal hernia, bagian atas perut membengkak ke diafragma yang menghalangi asupan makanan normal.
menghindari GERD
Sumber : Foto oleh Lovefood Art dari Pexels

Apa gejala utama GERD?

Gejala utama GERD adalah rasa mulas yang terus-menerus serta merasakan adanya cairan, makanan, atau asam lambung yang bergerak ke atas kerongkongan (regurgitasi). Beberapa orang lainnya mungkin merasakan gejala GERD tanpa rasa mulas,tetapi biasanya mereka akan mengalami rasa nyeri di dada, suara yang serak di pagi hari, atau kesulitan untuk menelan. Anda mungkin juga akan merasa seperti ada makanan yang tersangkut di tenggorokan atau seperti tersedak. GERD juga bisa menyebabkan batuk kering dan bau mulut.

Bagaimana cara mengatasi GERD?

GERD biasanya dikontrol dengan obat-obatan yang sudah diresepkan oleh dokter dan dengan melakukan perubahan gaya hidup, termasuk menjaga pola makan sehat. Jika cara tersebut tidak berhasil, atau jika Anda tidak dapat minum obat dalam jangka waktu yang lama, operasi bisa menjadi solusinya.

Berikut adalah 10 tips untuk membantu mencegah gejala GERD:

  1. Jaga dan pertahankan berat badan yang sehat
  2. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering dalam sehari
  3. Kurangi lemak dengan mengurangi jumlah mentega, minyak, saus, daging berlemak, dan produk susu berlemak penuh (misal: keju)
  4. Duduklah dengan tegak saat makan dan tetap tegak selama 45-60 menit setelahnya
  5. Hindari makan sebelum tidur. Tunggu setidaknya tiga jam setelah makan jika ingin tidur
  6. Usahakan untuk tidak mengenakan pakaian yang ketat di area perut, karena bisa menekan perut dan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan
  7. Saat tidur, posisikan bagian kepala tempat tidur lebih tinggi 6 hingga 8 inci menggunakan sesuatu yang benar-benar dapat mengangkat karena biasanya bantal tambahan tidak berfungsi
  8. Berhenti merokok
  9. Mengonsumsi obat asam lambung sesuai petunjuk dari dokter
  10. Mengurangi makanan pemicu asam lambung, misal makanan pedas dan mengandung asam yang tinggi
keluarga sehat
Sumber: pexel

Apa saja makanan yang harus dihindari pengidap GERD?

Mengatur pola makan dengan baik dan benar memiliki peran penting dalam mengatasi atau bahkan membantu penyembuhan penderita GERD. Cobalah untuk menghindari makanan pemicu yang dapat membuat asam lambung naik. Beberapa makanan yang dapat memicu asam lambung yaitu makanan pedas, gorengan, makanan berlemak (termasuk produk susu), coklat, saus, bawang putih dan bawang bombay, kopi, minuman berkarbonasi, dan juga buah-buahan yang asam.

Penyakit GERD bisa saja terjadi pada semua orang, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Dalam kebanyakan kasus, GERD tidak menyebabkan komplikasi yang serius, namun ada juga beberapa kasus GERD yang dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti batuk kronis atau asma. Jika Anda mengalami gejala GERD lebih dari dua kali seminggu, ada kemungkinan Anda mengalami penyakit ini dan segeralah untuk mengeceknya ke dokter. Sebagai bentuk pencegahan, konsumsilah suplemen makanan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seperti Morice Care. Ketahui lebih lanjut mengenai Morice Care di sini.

Related Posts

Leave a comment