Sayangi Ginjal Anda, Kenali Gejala Gagal Ginjal dan Antisipasinya

gejala gagal ginjal

Ginjal sebagai salah satu organ vital dalam tubuh memiliki tugas menyaring darah yang mengalir ke seluruh tubuh dan menangkal racun dalam tubuh. Dalam seharinya, ginjal menyaring darah sebanyak 120 sampai 150 liter. Selain menyaring darah, ginjal juga menghasilkan enzim renin yang berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh untuk tetap normal. Bahkan ginjal juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan merangsang produksi sel darah merah dari sumsum tulang dengan cara mengeluarkan hormon eritropoietin. Dengan beban kerja yang demikian berat, tentunya ginjal menjadi rawan terkena penyakit. Salah satu penyakit fatal yang menyerang ginjal adalah gagal ginjal.

Banyak diantara penderita gagal ginjal baru menyadari bahwa mereka menderita penyakit tersebut setelah mencapai level parah. Menurut laman National Kidney Foundation, hanya sekitar 10 persen dari penderita penyakit gagal ginjal yang sedari awal menyadarinya. Sebenarnya dengan pemeriksaan tahunan yang teratur dapat mendeteksi gejala-gejala dari gagal ginjal yang sering menghantui. Namun akan lebih baik jika Anda sudah paham dengan gejalanya. Lebih lanjut, berikut adalah gejala-gejala gagal ginjal yang sebaiknya Anda ketahui guna mengantisipasi penyakit tersebut:

1. Mudah Merasa Lelah

Ketika ginjal mengalami gangguan, racun yang semestinya disaring oleh ginjal akan menumpuk dalam tubuh. Hal tersebut mengakibatkan produksi hormon eritropoietin terganggu dan berakibat pada proses produksi sel darah merah. Bila produksi sel darah merah terganggu, maka sirkulasi nutrisi dalam tubuh tidak akan optimal, dan membuat organ-organ yang membutuhkan nutrisi tersebut juga turut tidak bekerja dengan optimal. Akibatnya, tubuh akan mudah merasa lelah karena hal tersebut.

2. Gatal-Gatal

Gejala lain yang timbul biasanya adalah gatal-gatal pada kulit. Kondisi ini terjadi karena alasan yang hampir sama dengan poin sebelumnya, terjadi penumpukan racun dalam tubuh. Penumpukan racun ini mengakibatkan ruam dan memicu rasa gatal pada kulit. Adapun bagi penderita penyakit ginjal, tubuh akan mengalami kondisi yang berawal dari tidak seimbangnya mineral dan nutrisi, sehingga kulit akan menjadi kering. Kulit yang kering akan cenderung lebih mudah gatal.

3. Kaki Bengkak dan Kram Otot

Salah satu fungsi ginjal adalah membuang natrium yang berlebih dari dalam tubuh. Saat ginjal mengalami gangguan dan tidak dapat melakukan fungsi tersebut dengan sempurna maka cairan dapat menumpuk di berbagai anggota tubuh. Biasanya penumpukan cairan terjadi di pergelangan kaki. Adapun ketidakseimbangan dari kadar natrium dan elektrolit lainnya juga dapat berakibat pada kram otot dan gangguan syaraf. 

gagal ginjal

Setelah mengetahui beberapa gejala dari gagal ginjal tersebut, lalu apa langkah pengobatannya? Salah satunya adalah dengan hemodialisis atau cuci darah. Cuci darah adalah metode pengobatan dengan cara melakukan penyaringan dan pemurnian darah menggunakan sebuah mesin. Mesin tersebut berfungsi sebagaimana cara kerja ginjal dalam tubuh kita. Metode ini sebenarnya bukanlah sebuah langkah pengobatan, namun lebih kepada tindakan untuk memperpanjang harapan hidup dari penderita gagal ginjal. Lalu adakah tindakan preventif yang dapat dilakukan untuk menghindari gagal ginjal? Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan.

a. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat dan pola makan yang baik adalah sebuat langkah pertama dan terbaik untuk memastikan kesehatan tubuh Anda. Dengan makanan sehat dan pola yang tepat, asupan nutrisi yang cukup akan diperoleh oleh tubuh. Beberapa bahan makan yang baik bagi ginjal adalah ikan, sayuran hijau, bluberi, apel, dan masih banyak lagi. Proses pengolahannya pun harus tetap diperhatikan ya agar ginjal tidak bekerja terlalu keras.

b. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ginjal dalam tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu penting bagi Anda untuk memperhatikan konsumsi cairan setiap harinya. Setidaknya 8 hingga 12 gelas per hari agar ginjal terbantu dalam bekerja. Salah satu tanda bahwa asupan cairan tubuh Anda terpenuhi adalah warna air seni berwarna kuning cerah.

c. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi adalah salah satu faktor penyebab penyakit gagal ginjal. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda harus menjaga tekanan darah tetap terkontrol. Terlebih lagi bagi Anda yang berisiko seperti memiliki riwayat penyakit hipertensi. Banyak cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hipertensi. Salah satunya tentu saja memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Selain itu, penting juga untuk menghindari rokok dan mengonsumsi alkohol berlebihan. Karena kedua hal tersebut juga dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Hipertensi adalah

Itu tadi adalah beberapa gejala umum dan cara menghindari gagal ginjal. Sebelum merasakan gejalanya, tentu langkah terbaik adalah mencegah penyakit tersebut menimpa kita. Bahkan jika perlu, dukung daya tahan tubuh Anda tetap fit dengan suplemen makanan yang alami. Salah satunya adalah Morice Care yang mampu membantu meregenerasi sel tubuh yang rusak. Dapatkan produknya di sini.

Related Posts

Leave a comment