Fakta Menarik Cuci Darah yang Tak Perlu Ditakuti

fakta cuci darah

Cuci darah menjadi hal yang sering ditakuti kebanyakan orang. Keuntungan dari ditakutinya prosedur kesehatan ini tentu membuat orang menjadi lebih waspada agar tidak terkena penyakit yang mengharuskan melakukan prosedur kesehatan ini. Namun bagi Anda yang memang memiliki risiko kerusakan ginjal, tak perlu takut jika suatu saat nanti Anda harus menjalankannya. Lalu apa sebenarnya pengertian dari cuci darah itu? Berikut ini penjelasannya serta fakta menarik yang tak perlu Anda takuti.

A. Pengertian Cuci Darah

Cuci darah atau yang memiliki istilah medis hemodialisa/hemodialisis adalah terapi penyaringan darah sebagai pengganti ginjal. Fungsi utama ginjal manusia adalah menyaring darah agar zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh terbuang melalui urine dan feses. Ketika ginjal mengalami kerusakan dalam tahap parah, seperti terkena gagal ginjal atau ginjal kronis, tubuh harus dibantu dengan alat kesehatan untuk menjalankan fungsi ginjal. Penggantian proses penyaringan darah inilah yang harus dilakukan secara rutin sebagaimana fungsi ginjal yang sesungguhnya. Dengan kata lain, hemodialisis adalah terapi pengganti ginjal sebagai akibat dari ginjal yang tidak mampu bekerja secara optimal. Prosedur kesehatan ini diwajibkan bagi seseorang yang ginjalnya sudah mengalami 85% kerusakan. Kemudian apa saja fakta menariknya? Simak poin di bawah ini.

B. Fakta Seputar Cuci Darah

1. untuk berbagai penyakit selain penyakit ginjal

Terdapat beberapa kondisi gangguan kesehatan yang juga membutuhkan cuci darah selain penyakit ginjal. Diantaranya adalah edema paru, yaitu kondisi ketika terlalu banyak cairan yang ada dalam paru-paru. Kemudian ada kondisi tingginya kalium dalam darah sehingga harus dibantu dengan alat agar proses penyaringan lebih cepat. Tubuh yang memiliki kalium terlalu tinggi dapat mengganggu aliran listrik dalam jantung. Sehingga denyut jantung menjadi semakin lambat bahkan hingga berhenti total jika tidak segera ditangani.

2. tenang, prosesnya tak semenakutkan itu

Proses cuci darah hampir sama dengan donor darah, memasukkan jarum suntik pada titik tertentu di lengan lalu menunggu mesin pencuci darah melakukan tugasnya. Sekali melakukan cuci darah, biasanya membutuhkan waktu antara 3 hingga 4 jam. Pasien yang melakukan prosedur ini dapat mengisi waktu tersebut dengan menggunakan gawai, menonton tv, bersantai, hingga makan. Jadi, tidak ada yang perlu ditakuti dengan berlangsungnya cuci darah.

3. Bahkan dapat dilakukan di rumah

Cuci darah di rumah
Sumber : halodoc.com

Salah satu jenis cuci darah yang sering ditemui dan dapat dilakukan dirumah adalah dialisis peritoneal. Untuk prosedur yang satu ini, dapat dilakukan dengan memasang alat tertentu di perut secara mandiri dan prosesnya akan berlangsung selama 4 hingga 6 jam per hari. Sedikit lebih lama dengan prosedur hemodialisis (3-4 jam). Bedanya, tentu saja Anda tidak perlu ke rumah sakit untuk melakukannya. Namun perlu diingat, karena semua tahapan prosedur ini ditangani secara mandiri, pasien harus benar-benar mampu menjaga semua alat dalam kondisi steril untuk mencegah terjadinya infeksi.

4. Seseorang tetap dapat menjalankan aktivitas

Pada masa seperti ini, banyak pekerjaan dan sistem pendidikan yang dilakukan mandiri di rumah (Work From Home dan Belajar Di Rumah). Hal ini tentu bisa dilakukan bersamaan dengan proses cuci darah. Jika Anda memilih prosedur yang satu ini di rumah sakit, waktu senggang tersebut dapat diisi dengan menjalankan pekerjaan atau mengikuti kelas daring.

5. Menimbulkan efek samping ringan

Efek samping yang ditimbulkan dari cuci darah termasuk ringan seperti kulit gatal akibat penumpukan fosfor, kram otot, hingga yang paling parah mual dan muntah. Namun kondisi mual ini biasanya terjadi ada pasien yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah rendah atau hipertensi. Kemudian jika Anda memiliki riwayat penyakit anemia, prosedur kesehatan ini juga dapat menimbulkan kambuhnya anemia. Selain itu semua, cuci darah termasuk memiliki efek samping yang ringan.

Kerusakan ginjal bukan akhir dari hidup Anda dan cuci darah bukan hal yang berisiko tinggi menyebabkan kematian. Jika Anda melaksanakan prosedur ini sesuai dengan aturan kesehatan, maka kondisi ginjal akan terjaga bahkan seumur hidup. Maka dari itu, menjaga kesehatan ginjal adalah keputusan terbaik agar terhindar dari berbagai penyakit. Baik yang diharuskan melakukan prosedur kesehatan ini maupun penyakit sederhana lainnya. Karena jika sehat saja mahal, sakit pasti lebih mahal. Dukung kesehatan tubuh Anda, terutama sistem imun, dengan konsumsi suplemen herbal Morice Care. Temukan produk Morice Care di sini.

Related Posts

Leave a comment