8 Kiat Tingkatkan Metabolisme Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

kesehatan tubuh

Saat mendengar istilah metabolisme tubuh, Anda pasti akan mengaitkannya dengan berat badan. Ya, orang-orang yang punya metabolisme tubuh yang baik biasanya memiliki bobot tubuh yang ideal. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan metabolisme tubuh? Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi di dalam tubuh dengan mengubah nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, serta mineral pada makanan atau minuman yang dikonsumsi menjadi sebuah energi. 

Selain mudah menurunkan berat badan, metabolisme yang baik akan membuat tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan lancar. Fungsi tubuh yang bergantung pada proses metabolisme diantaranya adalah sistem pernafasan, sistem pencernaan, aliran darah, pembaharuan sel, kontrol suhu tubuh, kontraksi otot, proses pembuangan urin dan feses, serta mengatur kinerja saraf dan otak. 

Proses metabolisme yang tidak berjalan seimbang bisa disebabkan oleh penyakit atau gangguan kesehatan seperti penyakit tiroid, sindrom metabolik, dan kelainan metabolisme karena faktor genetik. Nah, agar tubuh bisa melangsungkan proses metabolisme yang optimal, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkannya. Ingin tahu caranya? Simak informasinya berikut ini.

Manfaat olahraga ternyata berpengaruh pada proses metabolisme tubuh. Rutin berolahraga diyakini membuat proses metabolisme juga ikut meningkat. Aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi akan membuat tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pulih dan kembali ke level metabolisme istirahat sebelumnya. Pada saat inilah tubuh mampu membakar banyak kalori. Kabar baiknya, dengan melakukan olahraga cepat dan intens, tubuh tidak hanya mampu membakar kalori tapi juga lemak. 

  • Cukupi Asupan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan ternyata bisa mengakibatkan metabolisme tubuh melambat lho! Kenapa bisa demikian? Saat proses pembakaran kalori, tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup. Oleh sebab itu jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari ya! Akan lebih baik lagi jika Anda minum air yang dingin karena sifatnya yang mampu membuat tubuh menyesuaikan suhu. Tidak hanya air mineral saja, asupan cairan juga bisa Anda dapatkan melalui buah-buahan yang mengandung banyak air. 

  • Wajib Sarapan

metabolisme tubuh

Siapa diantara Anda yang masih sering melewatkan sarapan? Nah, jika ingin meningkatkan metabolisme tubuh, sarapan adalah agenda wajib yang harus dilakukan. Bukan sembarang sarapan, menu makan pagi yang harus dikonsumsi sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks dan kaya protein. 

Protein diyakini dapat meningkatkan metabolisme tubuh selama beberapa jam dengan persentase 15-30%. Angka ini ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan karbohidrat yang hanya 5-10%. Sumber protein yang baik bisa Anda temukan di daging sapi tanpa lemak, daging kalkun, daging ayam,ikan, telur, tahu, produk susu low fat, dan kacang-kacangan.

  • Menyantap Makanan Pedas

Banyak orang yang bilang jika sering makan makanan pedas bisa membuat tubuh jadi kurus. Apa benar demikian? Faktanya, makanan pedas memang merangsang tubuh untuk meningkatkan proses metabolisme. Dikutip dari Journal of Nutritional Science and Vitaminology, persentase metabolisme tubuh dengan konsumsi makanan pedas bisa mencapai 23%. Kabar baik nih untuk Anda yang hobi makan masakan pedas. Namun jangan sampai kebablasan ya, walaupun rutin makan pedas baik untuk metabolisme, Anda harus batasi level kepedasannya agar tidak menimbulkan masalah pada saluran pencernaan.

  • Minum Teh Hijau

Di pasaran banyak ditemui produk teh hijau yang mengklaim mampu menurunkan berat badan. Ternyata hal tersebut bukan isapan jempol belaka. Nyatanya, teh hijau bisa meningkatkan metabolisme  karena mengandung kafein serta katekin. Menurut penelitian, konsumsi teh hijau dengan dosis 2 hingga 4 cangkir mampu membakar 17% lebih banyak kalori.

  • Miliki Jam Tidur yang Berkualitas

metabolisme tubuh

Kurang tidur bisa mengakibatkan metabolisme Anda terganggu. Pasalnya, saat Anda kurang tidur maka kadar gula dan resistensi insulin akan meningkat. Hal ini bisa menyulut resiko terkena diabetes. Selain itu, kurang tidur akan menghasilkan hormon lapar ghrelin lebih banyak sehingga Anda akan mudah lapar dan sulit menurunkan bobot tubuh.

  • Banyak-banyak Berdiri

Cara lain untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan sering-sering berdiri. Terdengar sepele, nyatanya metabolisme tubuh bisa digenjot dengan cara yang cukup sederhana. Bahkan kalori yang bisa dibakar tubuh jika Anda sering berdiri pada sore hari mencapai angka 174. 

  • Jangan Lakukan Crash Diet

Punya tubuh dan berat badan yang ideal tentu menjadi impian banyak wanita. Demi mendapatkannya, banyak yang rela melakukan crash diet atau diet cepat agar bisa menurunkan bobot tubuh dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini justru berbahaya karena bisa memperlambat metabolisme. Saat Anda menerapkan diet ini, tubuh akan kehilangan otot yang mengakibatkan kalori terbakar dalam jumlah yang kecil. Selain itu, berat badan Anda malah rentan naik secara drastis dibandingkan sebelum menjalani program diet.

Meningkatkan metabolisme bisa dibarengi dengan konsumsi suplemen herbal. Rekomendasi produk herbal buatan Indonesia yang bisa Anda pilih adalah produk-produk dari PT. Autoimun Care. Menggunakan 100% bahan alami, ramuan herbal yang diproduksi Autoimun Care diklaim aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Autoimun Care dengan klik di sini.

Leave a comment