Cara Penularan Penyakit Paru Paru Basah Dan Tandanya!

Cara-Penularan-Penyakit-Paru-Paru-Basah-Dan-Tandanya!

Cara Penularan Penyakit Paru Paru Basah Dan Tandanya!
Paru-paru basah dalam bidang kedokteran sering disebut dengan pneumonia. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi pada paru-paru, lebih tepatnya pada alveolus. Alveolus merupakan salah satu bagian paru-paru yang berbentuk kantung yang berfungsi untuk menyampaikan oksigen yang kita hirup untuk diberikan ke dalam darah. Pneumonia atau paru-paru basah akan menyebabkan radang pada alveolus yang berakibat pada gangguan sistem pernapasan dan menurunnya asupan aksigen ke dalam tubuh.  

Paru-paru basah umumnya disebabkan oleh infeksi dari bakteri namun juga ada beberapa kasus yang disebabkan karena adanya virus. Virus dan bakteri penyebab penyakit paru-paru juga bisa menular dan jenis virus atau bakterinya berbeda-beda tergantung dari jenis lokasi penularannya. Namun infeksi ini juga bisa terjadi karena penularan yang diperoleh dari organ tubuh lainnya yang sudah masuk ke dalam paru-paru sehingga menimbulkan infeksi melalui aliran darah tapi virus dan bakteri yang masuk lebih sering berasal dari udara. 

 

Cara Penularan Penyakit Paru Paru Basah  

Berikut ini adalah cara penularan penyakit paru-paru basah: 

Benda pribadi

Benda pribadi seperti sendok dan alat makan serta dll bisa menjadi media penularan penyakit paru paru basah, karena bakteri ini bisa bertahan dalam berbagai kondisi salah satu nya menempel di alat makan. 

Melalui batuk dan bersin

Batuk pun bisa menjadi cara penularan paru paru basah, dengan batuk bakteri dan virus penyebab paru paru basah bisa meluncur keluar ke udara yang mana sudah tadi di jelaskan bakteri ini bisa menular melalui udara. Dan tak hanya itu jika anda terkena bersin terutama di area muka akan sangat beresiko terkena paru paru basah, bakteri dan virus dari ludah penderita di saat bersin bisa masuk dalam tubuh dan menginfeksi. 

Udara

Seseorang yang satu ruangan dengan penderita pneumonia atau paru paru basah bisa beresiko terkena penyakit paru paru basah, ketika bakteri atau virus penyebab paru paru basah ini berterbangan di udara dan terhirup hingga menginfeksi tubuh orang yang tertular. 

 

Tanda Penyakit Paru Paru Basah

Inilah tanda penyakit paru-paru basah, antara lain: 

Mual

Saat berusaha mengambil napas panjang, ada rasa mual dan ingin muntah. Kepala sering pusing atau sakit. Hal tersebut diakibatkan karena asupan oksigen ke dalam tubuh dan juga ke otak kurang sehingga tubuh lemas dan kepala terasa pusing. Nafsu makan berkurang disertai dengan penurunan berat badan. Gejala ini akan muncul jika keadaan paru-paru basah sudah dalam kondisi buruk. Nafsu makan akan berkurang hingga berat badan akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. 

Batuk-batuk disertai lender

Batuk tersebut biasanya tidak mudah sembuh seperti halnya batuk yang diderita orang biasa (penderita influenza). Batuk akan sulit sembuh, bahkan bertambah parah karena mikroorganisme berkembang dalam tubuh. Sebagian orang akan menyepelekan kondisi ini. Mereka akan menganggap batuk sebagai suatu penyakit musiman. Pada penyakit paru-paru basah, pertanda batuk biasanya diawali dengan batuk kering kemudian batuk yang disertai dengan dahak yang tak kunjung membaik. 

Tubuh biasanya banyak mengeluarkan keringat

Meskipun sedang tidak melakukan aktifitas apapun seperti saat tidur. Telapak tangan biasanya juga akan mudah berkeringat. Keringat juga bisa keluar pada bagian telapak kaki. Meski tidak beraktifitas dan juga cuaca tidak panas, keringat yang dikeluarkan tubuh relatif banyak. Keringat tersebut merupakan respon yang diberikan tubuh karena asupan oksigen ke dalam tubuh kurang mencukupi. 

Mengalami gangguan sesak napas

Meskipun tubuh sudah istirahat namun sesak napas tisak kunjung membaik. 

Tubuh merasa cepat lelah dan ngantuk

Meskipun sudah beristirahat secara cukup. Rasa lelah dan ngantuk tersebut merupakan respon alami tubuh dikarenakan asupan dan juga suplai oksigen ke seluruh tubuh kurang. Ketika oksigen yang seharusnya disuplai ke seluruh tubuh tidak mencukupi, tubuh akan merasa cepat lelah dan tenaga terasa lebih terkuras. 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit dan masalah mengenai Penyakit Paru-Paru Basah.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment