Inilah 5 Cara Tepat Pencegahan Virus Corona

pencegahan virus corona

Virus corona saat ini masih menjadi pandemi dan menjangkiti hampir seluruh belahan dunia. Bahkan di Indonesia, angka positif COVID-19 sudah menyentuh angka 1,4 juta orang. Tentu angka ini membuat kita semakin waspada terhadap persebaran virus corona, bukan? Kewaspadaan harus dibuktikan dengan usaha-usaha untuk mencegah virus ini masuk ke dalam tubuh kita. Sehingga semakin tahu cara pencegahan dari terinfeksi virus corona, kita akan semakin sadar dan sebisa mungkin untuk menjauhi penyakit yang belum ada obatnya ini. Berikut ini adalah cara tepat untuk mencegah kita terinfeksi virus corona.

1. Memakai masker, baik sedang sakit atau tidak

Memakai masker adalah perlindungan pertama tubuh dari masuknya virus corona. Virus corona dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui selaput lendir yang terbuka, misal mata, hidung, mulut, luka yang terbuka, dan lubang lainnya. Anggota wajah adalah tempat yang paling beresiko menjadi perantara masuknya virus ini. Sehingga menggunakan masker adalah penting dan wajib. Jika Anda sakit, maka Anda mencegah virus penyebabnya menular kepada orang yang sehat. Sedangkan jika Anda sehat, maka menggunakan masker akan mencegah virus apapun dari luar untuk masuk. Ingat, memakai face shield tanpa masker tidak akan mengganti fungsi masker itu sendiri.

2. Mencuci tangan dengan cara yang tepat

mencuci tangan dengan tepat
Sumber : Pexels.com/annashvet

Tangan kita adalah tempat bersarangnya berbagai virus dan bakteri, dan bisa jadi COVID-19 ini. Apalagi dengan kebiasaan kita menyentuh wajah dengan tangan yang tidak mungkin dihilangkan, tentu akan menambah risiko terinfeksi virus corona. Itulah kenapa rajin mencuci tangan dengan sabun dan melakukan langkah yang benar adalah cara yang efektif. Cucilah seluruh bagian tangan minimal 20 detik kemudian bilas dengan air yang mengalir. Jika Anda merasa kesulitan mengakses air bersih di lingkungan kerja, Anda dapat menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%. Lakukan kebiasaan penting ini sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, dan berbagai kegiatan lain yang menimbulkan risiko terjangkiti virus corona.

3. Menjaga jarak dan/atau isolasi mandiri

Virus corona dapat ditularkan melalui cairan (droplets) yang jatuh dari orang atau hewan yang terinfeksi kemudian terhirup atau tertelan oleh orang yang sehat. Sehingga menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang diduga terinfeksi virus corona atau sudah dinyatakan positif COVID-19 akan mencegah kita ikut tertular virus ini. Kemudian apabila Anda merasakan gejala awal terinfeksi COVID-19, dan/atau baru saja melakukan bepergian ke dan dari daerah yang memiliki kasus COVID-19, maka Anda harus melakukan isolasi mandiri setidaknya selama 14 hari untuk melihat apakah Anda juga terpapar virus corona atau tidak.

4. Rutin melakukan desinfeksi pada rumah dan kendaraan

desinfektan rumah
Sumber : Pexels.com/Matildawormwood

Virus ini sangat berbahaya karena selain menyerang sistem pernapasan kita, virus corona juga dapat bertahan hingga 8 jam lebih dan bahkan berhari-hari pada permukaan benda. Jadi, membersihkan rumah dan kendaraan dengan desinfektan secara rutin dapat membunuh virus-virus yang menempel. Beberapa titik yang sangat perlu untuk disemprot disinfektan adalah stang motor, helm, pintu mobil, gagang pintu rumah, kamar mandi, dan titik-titik lain yang berisiko menjadi tempat penularan virus corona. Cairan desinfektan sendiri dapat dibuat dirumah dengan menggunakan bahan-bahan pembersih rumah yang mengandung accelerated hydrogen peroxide, chloroxylenol, dan beberapa bahan aktif lainnya. Hati-hati, jauhkan bahan-bahan desinfektan ini dari anak-anak Anda, ya.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas)

Cara paling ampuh untuk mencegah terinfeksi virus corona, dan virus apapun, tentu saja dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Daya tahan tubuh yang kuat akan melawan berbagai virus yang terlanjur masuk ke dalam badan kita. Bahkan, antibodi juga akan terbentuk secara alami ketika sistem imun Anda dapat menyerang virus penyakit tersebut. Sistem imun yang baik akan mencegah Anda terkena penyakit dan membuat Anda pulih lebih cepat ketika sakit. Banyak cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, misal dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bersih dan sehat, serta berbagai kebiasaan baik lainnya. Jika perlu, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen makanan yang membantu memperkuat sistem imun secara alami dan tidak memiliki efek samping.

Beberapa cara pencegahan virus corona tersebut memang bisa dibilang merupakan usaha yang harus diterapkan sebagai kebiasaan baru (new normal). Dengan begitu, setidaknya kita sudah meminimalisir resiko tertular wabah penyakit ini. Kemudian jika memang Anda merasa membutuhkan konsultasi kesehatan serta pencegahan virus corona yang alami, Anda dapat menghubungi nomor whatsapp dari PT. Autoimun Care Indonesia.

Related Posts

Leave a comment