Cara Menurunkan Diabetes dengan Alami

cara menurunkan diabetes

Cara Menurunkan Diabetes dengan Alami | Cara menurunkan diabetes secara alami sangat penting diketahui bagi Anda penderita diabetes. Dengan cara alami, Anda akan terbebas dari obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang memiliki risiko efek samping bagi tubuh Anda.

Baca Juga : 8 Makanan Pantangan Diabetes yang Sebaiknya Dihindari

Kelebihan kadar gula darah dalam tubuh membuat Anda akan mengalami diabetes. Penyakit mengerikan ini salah satu penyakit kronis yang menyebabkan kematian pada manusia.

Gula darah merupakan bahan bakar dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai energi sehingga berguna untuk kerja sistem saraf, otak dan seluruh organ tubuh. Gula darah ini, diperoleh dari sumber-sumber makanan yang telah dikonsumsi oleh tubuh Anda.

Jika Anda memiliki kadar gula darah yang tinggi, ini membuat Anda mempunyai potensi diabetes sangat besar untuk menyerang dan bersarang dalam tubuh. Tak hanya itu, ini dapat merusak saraf, bahkan merusak fungsi organ ginjal.

Ketika Anda mengetahui bahwa kadar gula darah dalam tubuh meningkat, segera lakukan penanganan untuk menurunkannya kembali normal.

Untuk itu, merdeka.com sudah merangkum cara menurunkan diabetes dengan cara alami, dari beberapa sumber:

Hindari Memakan Makanan Cepat Saji

Menurunkan kadar gula darah tidaklah mudah, memang diperlukan mengontrol nafsu. Bagi Anda pecinta makanan cepat saji atau junk food, ini adalah kabar yang sangat tak menyenangkan, karena makanan favorit Anda mampu membuat kadar gula darah melonjak secara signifikan.

Tidak hanya itu, makanan cepat saji ini memang dikenal sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Jadi ini bukan berarti junk food tidak hanya berbahaya bagi penderita diabetes saja, namun juga yang lain. Dengan begitu, menghindari untuk makan makanan cepat saji sangat berguna untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Perbanyak Konsumsi Ikan

Perlu Anda ketahui, ternyata ikan tidak mengandung karbohidrat sedikit pun. Tak hanya itu ikan juga tidak memiliki kandungan gula di dalamnya. Ini dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar gula yang ada dalam tubuh Anda secara alami.

Caranya adalah dengan mengonsumsi ikan sebanyak dua kali dalam satu minggu. Tak hanya diabetes, dengan mengonsumsi ikan ini, mampu menyelamatkan Anda dari penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kandungan asam omega-3 di dalamnya. Sangat disarankan untuk Anda agar tak mengonsumsi ikan dengan cara pengolahan yang kurang tepat seperti ‘digoreng’ juga ikan yang mengandung banyak merkuri di dalamnya.

Olahraga

Cara menurunkan gula darah ini dapat dilakukan dengan melakukan olahraga. Dengan memulainya dari olahraga sedang, ini mampu menurunkan glukosa dalam tubuh Anda. Olahraga juga dapat membantu tubuh dalam pemanfaatan gula yang ada dalam darah Anda, agar masuk ke dalam sel tubuh, sehingga ini dapat menjadi efisien dan tak menyebabkan kadar gula melonjak secara signifikan.

Macam olahraga kecil yang bisa Anda lakukan adalah berenang, senam aerobik, bersepeda, jalan cepat dan masih banyak lagi. Agar cara menurunkan gula darah ini berhasil, maka Anda perlu melakukannya secara rutin.

Agar membuat kadar gula darah yang ada di dalam tubuh Anda turun dan normal kembali, juga bisa dilakukan dengan cara membatasi asupan gula yang Anda konsumsi. Untuk melakukan cara ini memang diperlukan kesadaran diri dari masing-masing.

Banyak yang awalnya memang melakukan cara ini akan tetapi mereka masih curang. Membatasi asupan gula sangat penting untuk menurunkan kadar gula darah Anda, ini sangat ampuh. Misalnya, Anda bisa mengganti pemanis dari gula menjadi pemanis yang rendah kalori seperti yang terbuat dari jagung. Dengan begitu, fungsi insulin pada tubuh Anda dapat meningkat.

Mengontrol Asupan Karbohidrat Dalam Tubuh

Seperti diketahui, karbohidrat memang sesuatu yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Ini semua karena karbohidrat adalah sumber penghasil energi utama. Mengontrol asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh memang salah satu cara penting untuk menurunkan kadar gula darah, karena tubuh Anda melakukan proses pemecahan karbohidrat sehingga menjadi gula sederhana dan sebagian besar merupakan glukosa.

Ini akan dilanjutkan bekerjanya insulin dengan memindahkan gula yang ada dalam tubuh ke darah di dalam sel agar menjadi energi. Maka biasakan sejak saat ini untuk selalu mengontrol asupan karbohidrat dalam tubuh Anda.

Mengonsumsi Kakao

Tahukah Anda sebenarnya kakao bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda? Benih kakao ini mengandung antioksidan, protein dan flavonol yang sangat dibutuhkan tubuh. Dengan rasa pahit pada benih kakao, ini mampu menurunkan kadar glukosa darah Anda.

Demikianlah cara menurunkan gula darah dengan cara alami yang sangat mudah dipraktikkan. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Istirahat yang Cukup

Bagi Anda yang ingin agar kadar gula darah tidak melonjak secara signifikan, tidur atau melakukan istirahat yang cukup adalah salah satu caranya. Istirahat dengan melakukan tidur cukup serta berkualitas mampu membuat tubuh Anda sehat, ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan.

Memiliki kebiasaan tidur kurang baik dan tak normal seperti tidur dini hari, beraktivitas hingga larut malam, dan kurangnya istirahat dapat mempengaruhi tingkat sensitifitasnya insulin dan juga kadar gula darah Anda. Sangat disarankan Anda tidur cukup, kurang lebih selama 7 hingga 9 jam per hari.

Mengonsumsi Alpukat

Cara menurunkan kadar gula darah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan sehat, salah satunya alpukat. Alpukat ini adalah buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, sehingga dapat menjadi komponen penting untuk mengendalikan kadar gula darah. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi alpukat ini dapat menurunkan risiko diabetes dalam diri Anda.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit gula, Pencegahan Diabetes dan masalah mengenai obat herbal diabetes

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment