5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung untuk Bekal Masa Tua

cara mencegah jantung koroner

Jantung sebagai organ penting bagi tubuh selalu bekerja 24 jam tanpa henti memompa aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Dengan kerja berat seperti itu tentu kesehatan jantung perlu Anda berikan perhatian serius. Jangan sampai karena lalai semenjak dini berbuah pada penyakit jantung dan menjadi penyesalan di usia tua. Berangkat dari kelalaian merawat jantung itulah, berbagai penyakit kardiovaskuler dapat mendekat. Penyakit yang menjadi momok menakutkan di tengah masyarakat. Penyakit jantung tidak mengenal siapa korbannya, dari lansia sampai yang masih muda pun berpotensi untuk menderita penyakit jantung.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya setiap individu memiliki risiko terkena penyakit jantung. Namun, risiko tersebut akan lebih besar ketika dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah penderita kolesterol yang mengakibatkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, memiliki pola makan yang tidak sehat, mengonsumsi rokok, baik secara aktif maupun pasif, dan memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung. Meskipun risiko terkena penyakit jantung Anda besar karena faktor-faktor tersebut, bukan berarti Anda tidak bisa mengusahakan untuk memperkecil peluang terkena penyakit jantung. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung dan memperkecil kemungkinan terkena penyakit jantung.

1. Pola makan yang menyehatkan

Menjaga kesehatan jantung dapat Anda awali dengan menjaga pola makan. Mulai dari seperti apa makanan yang Anda konsumsi sampai bagaimana cara Anda mengkonsumsi makanan tersebut. Agar kesehatan jantung Anda terjaga, batasi diri untuk mengonsumsi lemak jenuh, lemak trans, garam, dan gula. Kemudian perbanyaklah konsumsi biji-bijian, antioksidan, makanan berserat, dan lemak tak jenuh, serta perbanyak asupan buah dan sayur. Jangan lupa untuk memperhatikan konsumsi lemak tak sehat ketika makan. Beberapa yang perlu Anda kurangi adalah jeroan, gorengan, junk food, dan lain sebagainya.

2. Hindari Rokok

berhenti merokok
Sumber : Foto oleh Basil MK dari Pexels

Merokok membunuhmu, sebuah slogan yang sering kita temui tentunya. Salah satu dampak buruk dari merokok adalah meningkatkan risiko memicu penyakit jantung bagi konsumennya. Adapun perokok yang rentan terhadap penyakit jantung tak sebatas pada perokok aktif saja, namun bagi mereka yang menjadi perokok pasif turut menanggung resiko ini. Maka menghindari rokok adalah langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung Anda dan orang-orang di sekitar yang Anda sayangi.

3. Perbanyak aktivitas fisik

Bergerak secara aktif dan rutin melakukan olahraga amatlah berguna dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Tak perlu berlebihan, mulailah dengan berjalan kaki 30 menit dalam sehari, kemudian kurangi untuk duduk tak berjeda dalam aktivitas harian Anda. Cobalah untuk memberi jeda dalam aktivitas duduk Anda dengan berjalan kaki keki kecil untuk melemaskan tubuh setiap 20 menit sekali. Akan lebih baik lagi bila Anda memiliki aktivitas olahraga kardio harian rutin, sehingga aktivitas tubuh akan tetap seimbang dan tentu saja melatih jantung Anda agar lebih sehat.

4. Manajemen stres

Kesehatan tubuh, atau dalam hal ini jantung Anda dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah pola pikir Anda. Menjaga pola pikir Anda agar terhindar dari stres dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Dalam aktivitas harian, luangkanlah waktu untuk merilekskan dan menenangkan pikiran Anda dari beban pikiran sehari-hari. Untuk menenangkan pikiran Anda dapat melakukan hobi, bermeditasi, atau mungkin melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan bagi Anda. Dengan manajemen stres yang tepat, tubuh akan menurunkan tekanan darah dan menghindari kerusakan pada dinding arteri sehingga kinerja jantung akan lebih ringan.

5. Istirahat cukup dan berkualitas

Melakukan istirahat dengan cukup berkualitas dan teratur adalah hal penting untuk Anda lakukan demi menjaga kesehatan jantung. Tidur dengan kurang dari enam jam di malam hari dapat memberikan efek buruk, yaitu meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Hal tersebut diakibatkan karena kekurangan tidur menyebabkan tekanan darah yang berlebih dan memicu peradangan. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan jantung usahakan untuk memiliki istirahat yang berkualitas minimal tujuh jam dalam sehari.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan jantung dalam tubuh. Jangan sampai karena tidak memulai kebiasaan-kebiasaan baik sedari awal membuat Anda menyesal karena menanggung akibat yang tidak Anda harapkan di akhir nanti. Bahkan jika perlu, konsumsilah suplemen makanan tambahan yang membantu fungsi jantung tetap fit. Tapi ingat, carilah produk yang berasal dari bahan alami dan dapat digunakan dalam jangka panjang seperti Heartcare milik Autoimun Care Indonesia.

Related Posts

Leave a comment