8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

meningkatkan daya tahan tubuh

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut membuat orang lebih memilih meningkatkan daya tahan tubuh ketimbang jatuh sakit. Banyak orang yang meyakini bahwa sistem imun yang baik bisa melindungi diri dari virus, bakteri, dan faktor lain yang menyebabkan terjadinya penyakit. Berbagai cara bisa Anda upayakan untuk memperkuat imunitas agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Bagaimana caranya? Temukan informasinya di bawah ini.

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang didalamnya terkandung berbagai zat gizi yang sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dahulu, pola makan sehat selalu dikaitkan dengan program 4 sehat 5 sempurna, akan tetapi program tersebut dianggap tidak sesuai dan menyebabkan pola makan tidak sehat apabila porsinya tidak seimbang. 

Oleh karena itu Kementerian Kesehatan kini menggantinya dengan program “Isi Piringku”. Porsi yang seimbang dalam program “Isi Piringku” mencakup setengah porsi buah dan sayur, seperempat karbohidrat dan seperempat protein. Anda juga direkomendasikan untuk melengkapinya dengan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak canola.

  • Minum Air Putih yang Banyak

meningkatkan daya tahan tubuh
Sumber: freepik

Cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan menjaganya dari paparan virus yang bisa menyebabkan penyakit. Konsumsi air putih harian masing-masing orang tentunya berbeda tergantung dari aktivitasnya, namun sebaiknya dalam sehari minimal Anda minum dua liter air untuk memperkuat sistem imun. 

  • Menjaga Kebersihan

Pola hidup bersih juga berkaitan dengan imunitas tubuh. Menjaga kebersihan juga mampu menangkal virus, bakteri, kuman dan penyebab lain yang mampu meningkatkan risiko infeksi dan penyakit lainnya. Banyak hal yang Anda lakukan dengan tangan, oleh karena itu rajin mencuci tangan bisa membuat Anda terhindar dari virus atau kuman. Selain itu, menjaga kebersihan bahan makanan, alat memasak, atau alat makan dan minum juga penting untuk mencegah masuknya bibit-bibit penyakit ke dalam tubuh. 

  • Olahraga secara Teratur

meningkatkan daya tahan tubuh
Sumber: freepik

Selain menjadi bagian dari pilar gizi seimbang, melakukan aktivitas fisik seperti olahraga juga punya andil besar meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Seorang pakar kesehatan di National Institute of Health bahkan menyebut bahwa olahraga yang rutin dilakukan akan meningkatkan kinerja sistem imun dan sel-sel darah putih yang bertugas melawan virus dan bakteri. Dalam seminggu Anda disarankan untuk melakukan olahraga sebanyak tiga kali dengan waktu 30 menit per harinya. Olahraga berenang atau bersepeda bisa jadi pilihannya.

  • Miliki Jam Tidur yang Berkualitas

Hobi rebahan ternyata tidak selamanya buruk, malah justru bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Namun tetap bijak juga dalam memiliki jam tidur karena menurut National Sleep Foundation waktu tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam sehari. Kenapa kualitas jam tidur bisa meningkatkan imunitas? 

Perlu Anda ketahui jika seseorang memiliki jam tidur cukup, maka tubuh akan menghasilkan banyak sitokin yang merupakan protein yang mampu melawan infeksi dan peradangan. Oleh sebab itu, apabila Anda memiliki kebiasaan begadang segera hentikan karena akan berpengaruh pada sistem imun.

  • Berjemur di Pagi Hari

Faktanya, kebiasaan berjemur pada pagi hari juga menunjang naiknya sistem imun pada tubuh. Durasi berjemur yang diperlukan juga hanya sebentar yaitu 10 hingga 15 menit dan dilakukan setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Salah satu dokter spesialis kulit di RSUD Dr. Moewardi Surakarta juga menyatakan bahwa waktu terbaik untuk berjemur agar sistem imun pada tubuh meningkat adalah pada pukul delapan hingga sembilan pagi.

  • Tidak Merokok dan Minum Alkohol

meningkatkan daya tahan tubuh
Sumber: pexel

Kebiasaan merokok ternyata bisa menurunkan kekebalan tubuh. Hal ini tidak hanya berlaku untuk perokok aktif saja namun juga perokok pasif. Pasalnya, di dalam rokok terkandung zat nikotin yang bisa meningkatkan hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon kortisol diri adalah hormon yang berfungsi untuk mengendalikan stres. Jika hormon tersebut meningkat maka respon antigen sel T dan antibodi sel B akan berkurang. 

Selain itu batasi konsumsi minuman beralkohol karena justru akan menurunkan daya tahan tubuh. Banyak yang salah kaprah dan menganggap bahwa minum alkohol justru bisa membunuh virus, nyatanya hal itu hanya berlaku untuk permukaan benda mati saja. 

  • Mengelola Stres 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hormon kortisol adalah zat yang mengendalikan stres. Apabila jumlahnya meningkat maka sistem imun tubuh justru akan melemah. Penyebab stres pada masing-masing orang tentunya berbeda. Untuk bisa mengendalikannya Anda bisa melakukan kegiatan seperti olahraga atau bersosialisasi dengan teman-teman. Jika kesulitan, Anda bisa berkonsultasi dengan tenaga medis terkait untuk membantu mengelola stres yang dialami.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Usaha lain yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Morice Care menjadi salah satu suplemen penguat sistem imun yang terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu ekstrak daun kelor dan tanaman sarang semut sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Related Posts

Leave a comment