6 Cara Alami Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Obat

mengatasi sakit kepala

Sakit kepala atau pusing merupakan salah satu respon tubuh dan menjadi tanda ada yang salah dengan tubuh kita. Mulai dari kesalahan pada otak atau tempurung otak itu sendiri, maupun terjadi gangguan pada anggota tubuh lain yang membuat kepala ikut merasakan sakit. Menurut penyebabnya, ada 3 jenis sakit kepala yang sering ditemui, yaitu migrain, tegang, dan cluster. Apapun penyebab terjadinya pusing kepala, intensitas rasa sakitnya cukup sering dialami kebanyakan orang. Sayangnya, masih banyak juga yang merasa harus menyembuhkannya dengan obat pereda nyeri. Padahal ada beberapa cara alami atau tanpa obat untuk mengatasi pusing kepala. Berikut ini ulasannya.

1. Merilekskan diri dan memijat kepala pada titik tertentu

Ketika kita mengalami sakit kepala, biasanya reflek dari tangan kita adalah memegang kepala dan/atau memijatnya. Maka lanjutkanlah aktivitas memijat tersebut dan pastikan sampai pada pelipis hingga leher dan bahu jika perlu. Lakukan cara ini setidaknya selama 30 menit. Cara ini sangat direkomendasikan bagi seseorang yang mengalami pusing kepala tegang akibat stres, dan sebagainya.

2. Berbaring dengan mata tertutup atau di ruangan yang gelap

Saat sakit kepala menyerang, usahakan untuk mencari tempat yang tenang dan memiliki cahaya minim atau gelap. Duduk atau berbaringlah untuk mengurangi sensasi kepala berputar. Ruangan dengan suara dan cahaya yang minim akan meminimalisir intensitas sakit kepala. Termasuk menjauhkan diri dari cahaya komputer atau gawai lainnya yang menjadi penyebab migrain.

Jika tidak menemukan tempat seperti ini, usahakan untuk berbaring dengan mata tertutup. Dengan begitu, saraf mata akan berhenti mengirimkan pandangan berputar-putar. Cara ini biasanya digunakan untuk sakit kepala migrain.

3. Kompres dingin atau hangat

Kompres juga mampu mengurangi rasa sakit kepala, baik dengan kompres hangat maupun kompres dingin. Bahkan Anda juga dapat mengatasinya dengan mandi air hangat, Namun perlu diingat ketika melakukan kompres dingin, cukup dengan air biasa. Jangan menggunakan es batu atau dengan air yang terlalu dingin. Apabila air terlalu dingin, tubuh dapat mengalami penurunan suhu dan menangkap “informasi” tersebut sebagai gangguan atau penyakit lain.

4. Hentikan aktivitas rahang atau mulut

mengatasi sakit kepala
Sumber : Foto oleh Pixabay dari Pexels.

Apabila Anda sering merasa sakit kepala saat dini hari, bisa jadi gigi Anda sering bergesekan saat tidur. Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele namun bisa menjadi penyebab pusing kepala Anda. Aktivitas rahang dan mulut yang berlebihan akan berpengaruh pada kepala. Jadi ketika sakit kepala menimpa, usahakan untuk berhenti mengunyah sesuatu. Meskipun hanya dalam bentuk menggigiti kuku, dan sebagainya. Makanlah makan yang tidak perlu gigitan terlalu keras.

5. Jika memungkinkan, konsumsilah kafein atau jahe

Cara selanjutnya tentu akan menjadi solusi terfavorit, yaitu mengonsumsi kafein. Zat yang umum ditemukan dalam kopi dan teh ini akan membantu mengurangi rasa sakit kepala Anda. Namun tetap harus terkontrol ya agar tidak berlebihan dan menjadi penyebab sakitnya anggota tubuh yang lain.

Jika Anda bukan penikmat kafein atau sedang sulit mengaksesnya, coba juga gunakan jahe. Dari suatu penelitian, jahe mampu menghilangkan migrain dengan cara kerja yang hampir sama dengan obat-obatan migrain. Anda dapat membuat jahe tersebut menjadi teh hangat agar lebih mudah dikonsumsi.

6. Pastikan tidak memiliki ikatan di kepala

Ikatan apapun yang terlalu kuat dapat menjadi penyebab sakit kepala. Sebut saja, kunciran rambut, topi yang sempit, hingga kacamata renang yang ketat. Periksa kembali apakah kepala Anda menggunakan benda-benda semacam ini kemudian uraikan untuk mengurangi rasa sakitnya.

Ketika beberapa cara di atas sudah Anda coba dan belum menghilangkan rasa sakitnya, maka barulah Anda mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol. Sakit kepala yang tidak disebabkan oleh penyakit yang serius atau berbahaya biasanya akan sembuh dengan cara-cara di atas. Namun jika Anda merasakan sakit yang semakin parah, bahkan dengan frekuensi dan intensitas yang meningkat, segeralah memeriksakan diri. Daripada terlalu sering minum obat pereda nyeri, lebih baik menemukan akar masalah sakit tersebut. Sistem imun yang kuat juga ikut menentukan seberapa sering terkena gejala ini lho. Dengan Morice Care yang mengandung bahan-bahan herbal, kekebalan tubuh Anda akan meningkat. Ketahui lebih banyak tentang produk ini di sini.

Leave a comment