8 Buah Penurun Kolesterol yang Baik Dikonsumsi Rutin

buah penurun kolesterol

8 Buah Penurun Kolesterol yang Baik Dikonsumsi Rutin  | Menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah menjadi hal wajib untuk dilakukan oleh siapa saja. Sebab kadar kolesterol berlebih di atas 240 mg/dl pada orang dewasa bisa meningkatkan resiko terjadi penyakit kardiovaskuler, termasuk serangan jantung dan stroke. Menstabilkan kadarnya bisa dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk dalam pola makan. 

baca juga: 6 Tips Menurunkan Kolesterol Melalui Kebiasaan Sehat

Berbagai Jenis yang Bisa Menurunkan Kolesterol 

Kabar baiknya terdapat sejumlah makanan yang bisa membantu menurunkan sekaligus menstabilkan kadar kolesterol tersebut. Beberapa diantaranya berasal dari keluarga buah-buahan, berikut beberapa jenisnya: 

  • Buah Pisang 

Buah pertama yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol adalah buah pisang. Buah satu ini mengandung serat sekitar 2.6 gram per 100 gramnya, dan serat ini dapat membantu penyerapan kolesterol dari makanan. Sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh bersama feses saat buang air besar dan bukannya mengendap. 

Selain itu buah dengan warna kuning cerah ini juga mengandung zat inulin yang membantu mengurangi asupan kolesterol dari makanan. Sehingga konsumsi buah pisang secara teratur bisa membantu mengontrol kadar kolesterol. Jenis buah pisang cukup banyak, silahkan memilih jenis yang karakter rasanya cocok di lidah. 

  • Buah Apel 

Apel juga menjadi salah satu buah penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi rutin apabila bermasalah dengan kolesterol jahat. Selain mengandung serat, buah apel mengandung pektin. Pektin bisa membantu menyerap kolesterol dan lemak jahat di usus halus. Sehingga ikut keluar bersama feses, kadar kolesterol dalam darah pun akan cenderung lebih stabil. 

  • Buah Alpukat 

Apabila memiliki riwayat kolesterol yang tinggi maka Anda bisa rutin mengkonsumsi buah alpukat. Buah satu ini menjadi salah satu buah yang mengandung lemak baik yakni lemak tak jenuh tunggal dan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Buah alpukat dapat menjadi herbal kolesterol, karena efektif menurunkan kadar kolesterol jahat secara alami. 

Selain mengandung lemak tak jenuh, buah alpukat juga mengandung banyak nutrisi. Dimulai dari serat, vitamin, dan juga berbagai jenis mineral yang asupannya bisa meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kolesterol dari makanan. Sehingga kadarnya lebih mudah untuk dikontrol. 

  • Jambu Biji 

Mengkonsumsi jambu biji juga dapat membantu menjaga kestabilan kolesterol dalam darah. Sebab di dalam buah yang bijinya sangat banyak ini terkandung serat, Vitamin C, dan berbagai jenis antioksidan. Semua kandungan ini bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar kolesterol jahat agar tidak berlebihan. 

  • Buah Bit 

Buah bit diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih, dan manfaat ini dimuat pula dalam Journal of Horticultural Science & Biotechnology. Melalui jurnal tersebut konsumsi sejumlah buah dan sayuran secara rutin terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Buah bit juga masuk ke dalamnya, jadi Anda bisa mencoba rutin mengkonsumsi umbi berwarna merah keunguan ini. 

  • Buah Anggur 

Buah anggur juga berdampak baik bagi kadar kolesterol dalam darah, berkat kandungan polifenol di dalamnya. Polifenol akan membantu melindungi kesehatan organ jantung dan mengontrol penumpukan kolesterol dalam darah. Sehingga bisa menekan resiko kolesterol melebihi angka normal. Manfaat ini bisa didapatkan dengan kebiasaan mengkonsumsi anggur antara 1-2 cangkir sehari. 

  • Buah Berry 

Buah berry mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan salah satunya adalah anthocyanin. Senyawa antioksidan jenis ini dikenal sebagai antioksidan penurun kolesterol. Selain itu juga mengandung polifenol, yang juga efektif menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. 

Konsumsi rutin buah berry baik strawberry, blueberry, dan sejenisnya dapat mengontrol kolesterol dalam darah. Nutrisi lain dari buah berry juga membantu menjaga kesehatan organ jantung, menurunkan resiko diabetes, dan juga mencegah obesitas. 

  • Buah Pir 

Sama halnya dengan buah apel, buah pir juga menjadi buah penurun kolesterol berkat kandungan pektin di dalamnya. Zat pektin akan membantu tubuh menyerap kolesterol dari makanan supaya ikut keluar tubuh bersama feses. Sehingga mengkonsumsi rutin buah satu ini dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. 

Tips Menikmati Buah-Buahan 

Mendapatkan manfaat buah penurun kolesterol di atas ternyata tidak hanya dengan dimakan langsung. Supaya tidak bosan menyantap aneka jenis buah setiap harinya Anda bisa berkreasi dengan beberapa tips berikut ini: 

  • Dijadikan Topping atau Taburan 

Buah-buahan memiliki rasa manis maupun asam alami, sangat cocok dijadikan topping beberapa jenis menu. Misalnya sereal, yogurt, roti, dan lain sebagainya yang menambah cita rasa dari menu sehat yang dibuat. 

  • Dibekukan 

Saat cuaca terik Anda bisa menyantap segarnya buah yang sudah dibekukan. Baik dimakan langsung maupun dibuat smoothies beku yang dijamin rasanya memanjakan lidah. 

  • Direbus 

Beberapa jenis buah penurun kolesterol akan semakin enak ketika direbus dulu sebelum disantap. Misalnya buah pisang, hanya saja di Indonesia jenis buah pisang sangat banyak. Beberapa jenisnya cocok direbus dan beberapa lagi kurang cocok. 

  • Dibuat Jus atau Smoothies

Makan buah juga lebih enak dengan cara dibuat jus, jenis buah kebanyakan bisa dibuat jus maupun smoothies. Selain menjadi alternatif mengusir haus selain minum air putih, jus buah juga menawarkan sensasi makan buah yang lebih menggugah selera. 

  • Dijadikan Selai 

Buah dengan rasa manis maupun asam seringkali diolah menjadi selai untuk dimakan dengan roti. Supaya lebih sehat untuk kolesterol silahkan mengandalkan pemanis alami, bisa dari buah itu sendiri maupun ditambah madu secukupnya. 

  • Dijadikan Salad 

Menikmati buah agar lebih seru juga bisa dengan dijadikan salad, yaitu salad buah yang berasal dari potongan beberapa jenis buah. Umumnya diberi toping keju dan susu kental manis. Pilihan ini tentu kurang sehat, jadi pilih topping lebih sehat seperti yogurt. 

Konsumsi buah bisa menyuplai kebutuhan serat, vitamin, mineral, dan juga nutrisi penting lainnya. Asupan ini juga membantu menjaga kadar kolesterol terutama buah-buahan yang disebutkan di atas. Jadi, untuk menstabilkan kolesterol silahkan rutin mengkonsumsi buah penurun kolesterol di atas. 

sumber: 

  • https://health.kompas.com/read/2020/04/20/101000468/7-buah-untuk-menurunkan-kolesterol-tinggi?page=all
  • https://www.halodoc.com/artikel/5-buah-buahan-untuk-redakan-kolesterol-tinggi
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200526135751-255-506995/11-buah-untuk-menurunkan-kolesterol-usai-pesta-idul-fitri
  • https://gaya.tempo.co/read/603029/13-cara-menikmati-buah-dengan-berbagai-olahan
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4857914/7-manfaat-jambu-biji-menurunkan-kolesterol-hingga-cegah-kanker

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit masalah mengenai Hipertensi dan obat jantung.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Leave a comment