Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Paru-Paru Basah?

Bagaimana-Cara-Mengobati-Penyakit-Paru-Basah

Penyakit paru-paru basah atau dalam dunia medis dinamakan pneumonia ini merupakan salah satu penyakit berkategori serius, sehingga jangan dianggap enteng dan segera lakukan tindakan pengobatan karena penyakit paru-paru ini dapat menimbulkan dampak dan bahaya bagi kesehatan. Tidak sedikit kasus kematian disebabkan oleh penyakit paru paru basah ini. Penyakit ini sangat bahaya di karenakan setiap penderita ini kebanyakan meninggal dunia.

Penyebab paru-paru basah sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang memicu terjadinya peradangan pada kedua paru-paru sehingga kantung-kantung udara paru-paru terisi cairan dan membengkak. Penyebab paru paru basah paling sering terjadi yaitu bakteri streptococcus pneumoniae yang dapat ditularkan oleh seseorang melalui udara seperti batuk dan bersin. Pengobatan untuk penyakit paru paru basah dapat menggunakan obat tertentu yang dikonsumsi sesuai dengan rekomendasi ahli paru paru atau dokter yang terkait.

 

cara mengobati penyakit paru-paru basah:
Penggunaan amboxol

Amboxol adalah obat batuk yang diformulasikan khusus untuk mengatasi dahak dan mengurangi debit cairan darah yang keluar ketika batuk batuk serta untuk memperbaiki kesehatan kantung kantung pada paru secara bertahap.

Penggunaan antibiotik

Dokter akan menganjurkan pemakaian antibiotik golongan spektrum luas yaitu penicilin. Tetapi cara ini jarang dilakukan dokter mengingat obat tersebut mudah menyebabkan efek resistensi yaitu tubuh menjadi kebal terhadap serangan bakteri jenis lain. Dokter akan menyarankan penggunaan antibiotiuk jenis cephalosporin untuk mengatasi gejala awal dari ciri ciri penyakit paru paru basah. Dokter akan memberikan antibiotik golongan azithromycin dan jenis clarithromycin pada penderita yang menderita gejala munculnya ciri ciri penyakit paru paru basah yang sudah cukup parah. 

Penggunaan antivirus

Antivirus akan diberikan pada penderita penyakit paru paru basah berdasarkan jenis virus yang menyerangnya. Misalnya virus pernafasan yang terdiri dari virus cyncytial, Rhinovirus, Herpes simpleks dan akibat kerusakan sistem pernafasan yang telah terjadi lama dan pemberian antivirus flu misalnya yang muncul akibat serangan flu burung.

Penggunaan obat penurun demam

Pada penderita penyakit paru paru stadium lanjut atau yang masih pada tahap awal gejala munculnya demam ringan hingga berat kerab menyerang tubuh maka akan diberikan obat penurun panas jenis parcetamol dan ivuprofen dari takaran 500 cc hingga kelipatannya. 

Menjauhi alkohol

Seperti halnya rokok, alkohol adalah pembawa penyakit bagi Anda yang suka minum minuman keras secara berlebihan terlalu sering. Bahaya minuman keras bagi kesehatan sebaiknya mulai diperhatikan mulai dari sekarang. Ada banyak penyakit kronis yang bisa disebabkan oleh kebiasaan minum minuman beralkohol ini, paru-paru basah pun bisa menjadi lebih parah karenanya.  

Supaya Anda terhindar dari paru-paru basah dan juga penyakit-penyakit serius lainnya, Anda perlu mulai membatasi konsumsi alkohol. Sebelum benar-benar menjauhinya sama sekali, Anda bisa pelan-pelan mengurangi porsi yang biasa Anda minum. Teruslah kurangi sampai akhirnya Anda bisa benar-benar lepas dari alkohol yang dapat mematikan ini.

Berhenti merokok

Rokok memiliki kandungan zat kimia yang dapat memperburuk paru-paru. Zat kimia dalam rokok juga berpotensi melumpuhkan sistem kekebalan dalam tubuh. Asap rokok yang masuk ke dalam saluran napas juga berpotensi merontokkan bulu-bulu di saluran napas yang memiliki fungsi untuk menangkap berbagai mikroorganisme yang melewati saluran napas. Dengan kata lain, merokok dapat meningkatkan resiko paru-paru basah. Untuk itu, berhentilah merokok jika tidak ingin terkena paru-paru basah atau berbagai jenis penyakit lainnya.  

 

Mencegah Penyakit Paru Paru Basah  

Jika sudah sembuh dan bebas dari penyakit paru paru basah maka mulai saat itu harus menjaga diri, hingga tidak dapat dengan mudah untuk terserang kembali oleh penyebab penyakit paru paru basah. Untuk mencegah nya bisa dengan tidak mengunjungi tempat yang kotor, atau melindungi organ pernafasan agar tidak mudah menghirup udara kotor yang terdapat virus atau bakteri di dalam nya secara langsung.  

Mengkonsumsi air putih, habbatussauda akan bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh, karena jika daya tahan tubuh kuat akan mencegah penyakit paru paru basah dan juga berbagai macam penyakit lain nya. Selain itu juga sebaik nya tidak lagi mengkonsumsi rokok serta asap nya jika tidak ingin terkena infeksi saluran pernafasan lain nya. Karena rokok bisa menjadi sumber berbagai penyakit termasuk penyakit paru paru basah. Jika memiliki anak di bawah 5 tahun juga harus selalu menjaga kondisi nya, karena anak anak mudah sekali untuk terkena penyakit.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit dan masalah mengenai Penyakit Paru Paru Basah.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

Related Posts

Leave a comment