Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar Penyakit Ginjal

Hal-Yang-Perlu-Diperhatikan-Agar-Terhindar-Penyakit-Ginjal

Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar Penyakit Ginjal – Penyebab utama dari gagal ginjal adalah penyakit diabetes type 2 dan tekanan darah tinggi disebagian besar belahan dunia. Ginjal adalah organ tubuh kamu yang ambil bagian untuk tugas penyaringan sisa atau limbah tubuh, serta kelebihan cairan pada darah yang beredar dalam tubuh kamu. Jadi jika seseorang mengalami gagal ginjal, maka hanya akan 2 pilihan tergantung dengan alat cuci darah seumur hidup, atau dilakukan transplantasi ginjal.

Baca juga : 6 TIPS MENGATASI HAUS PASIEN CUCI DARAH

 

Berikut beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Terhindar Penyakit Ginjal, antara lain:
  1.   Menghindari Menahan Buang Air Kecil

Hal pertama yang perlu dilakukan agar terhindar dari penyakit ginjal adalah dengan tidak menahan buang air kecil. Ginjal mempunyai peran utama sebagai penyaring darah dan saat proses ini terjadi, segala cairan limbah, kotoran, serta racun yang tertimbun di bagian kandung kemih penting untuk segera dibuang. Walau daya tampung dari kandung kemih sendiri cukup besar untuk urin, tapi kandung kemih telah terisi sekitar 120 sampai 150 ml dengan urin ketika timbul hasrat untuk buang air kecil.  Bila hasrat tersebut kamu coba abaikan dan tidak segera pergi ke kamar kecil untuk membereskannya, akibatnya kandung kemih makin membentang yang jauh dari kapasitas normalnya sehingga proses filtrasi ginjal akan terganggu. Jadi, selama masa perawatan pun diharapkan kamu menghindari bahaya menahan kencing terlalu lama.

  1.   Menghindari Minuman Beralkohol

Selain merusak organ otak minuman beralkohol juga dapat mengakibatkan penyakit ginjal. Sama kasusnya dengan mengonsumsi minuman bersoda, meminum minuman beralkohol terlalu sering dalam jumlah yang banyak dan menjadikan hal ini kebiasaan akan merusak fungsi ginjal signifikan atau lambat. Minuman beralkohol sangat tidak bermanfaat bagi tubuh, dan efek buruknya akan signifikan dirasakan oleh pengonsumsinya ketika tidak mengonsumsi banyak air putih sebagai penyeimbangnya. Diabetes adalah penyakit yang juga bakal mampu menyebabkan ginjal mengalami kerusakan apabila konsumsi alkohol tidak dapat dikendalikan. Kondisi yang bisa diakibatkan oleh konsumsi alkohol setiap hari tanpa mendapat asupan cairan dari air putih cukup adalah membesarnya ginjal. Ketika ginjal mengalami pembesaran, maka otomatis fungsi hormon normal tubuh akan dipengaruhi. Gagal ginjal kronis bisa terjadi jika tidak segera menghentikan kebiasaan tak sehat satu ini.

  1.   Mengonsumsi Kubis

Sering-sering mengkonsumsi sayuran agar terhindar dari penyakit ginjal, terutama kobis. Bahan makanan yang juga ramah terhadap ginjal, apalagi yang tengah melakukan pengobatan gagal ginjal adalah kubis dengan kandungan fitokimianya yang tinggi. Senyawa ini ada juga di sayuran serta buah lainnya di mana tugasnya adalah untuk melindungi tubuh dari segala bentuk radikal bebas sehingga akan membantu menghindari adanya kerusakan organ. Tak hanya baik untuk merawat ginjal, kesehatan jantung pun akan terjaga dengan baik, bahkan kanker pun akan dilawan juga oleh zat fitokimia. Kubis adalah salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan beragam nutrisi, termasuk asam folat, vitamin B6, serat, vitamin C serta vitamin K. Walau kubis bisa dibeli dengan harga murah yang juga diketahui memiliki kadar kalium rendah, kubis bisa diandalkan oleh para penderita gagal ginjal, sakit jantung dan kanker untuk mendukung proses penyembuhan menjadi lebih sempurna melalui diet.

  1.   Minum Air Putih yang Banyak

Banyak minum air putih sudah terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan organ-organ tubuh, termasuk bagian ginjal.  Dengan terapi air putih setidaknya 2 liter per hari, walau kemungkinan mengatasinya hingga sembuh sangat kecil, tubuh akan senantiasa terhidrasi dan air yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu agar ginjal dapat membuang racun-racun yang ada pada tubuh kamu.  Air jugalah yang memiliki peran penting dalam mempertahankan konsentrasi serta volume darah, melancarkan pencernaan, dan mengendalikan suhu tubuh sehingga perawatan ginjal akan lancar.

  1.   Menghindari Konsumsi Obat tanpa Resep Dokter

Dalam mengonsumsi obat medis apapun, hindari konsumsi jika kamu tidak diberi resepnya oleh dokter karena kemungkinan besar dapat menaikkan risiko parahnya kondisi ginjal kamu. Segala jenis obat kimia tentu setelah dikonsumsi akan melalui ginjal sehingga ginjal perlu menyaringnya, namun apabila ginjal sendiri sudah kurang begitu berfungsi, beban racun malah justru bisa bertambah. Itulah alasan mengapa sangat penting untuk menuruti resep dokter dan mengonsumsi obat dengan dosis yang sudah ditetapkan oleh ahli medis ketimbang menentukan dosis sendiri.

 

PT. Autoimun Care Indonesia memberikan fasilitas konsultasi gratis untuk Anda yang memiliki keluhan Penyakit Ginjal dan masalah mengenai penyakit lainnya.

Yuk cek kondisi kalian ke Konsultan Kesehatan kami!

Gratis Konsultasi Seumur Hidup!
WA 0822 1122 6676
Klik tombol dibawah ini untuk memulai Chat!

 

Leave a comment