Selain Melembabkan Wajah, Ini 6 Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

manfaat air putih

Tahukah Anda bahwa manusia tidak mampu bertahan hidup lebih dari 4 hari tanpa air. Hal ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Air merupakan kebutuhan pokok manusia. Tidak hanya dikonsumsi, air juga biasa digunakan untuk mencuci pakaian, mandi, dan sebagainya. Untuk minum pun, air putih biasanya diolah menjadi berbagai minuman berasa lainnya. Padahal, tanpa diberi perasa atau pemanis apapun, air putih memiliki segudang manfaat dan bahkan nol kalori. Namun, apakah manfaat air dalam tubuh hanya untuk mengurangi dahaga saja?  Berikut ini adalah 7 manfaat air putih yang tidak banyak diketahui orang.

1. Memperlancar sirkulasi darah

Kenapa tubuh membutuhkan air? Karena tubuh harus berkeringat untuk memiliki sirkulasi darah yang baik. Sirkulasi darah ke seluruh tubuh bagaikan jalur transportasi dunia. Jika jalur transportasi macet atau rusak, distribusi sumber daya akan terhambat. Begitu juga dengan tubuh manusia, organ penting dapat terhambat untuk mendapatkan nutrisi sehingga tidak akan berfungsi maksimal. Salah satu organ penting yang akan sangat diuntungkan dengan sirkulasi darah yang baik adalah jantung. Dengan air yang membantu terbukanya peredaran darah, penyakit jantung dapat terhindarkan karena tekanan darah stabil.

2. Mengencangkan dan melembapkan kulit

Jaringan kulit merupakan salah satu organ tubuh yang paling terlihat masalahnya ketika kita kekurangan air. Kulit menjadi lebih mudah kering dan kusam. Itulah kenapa tubuh kita sangat membutuhkan air. Dengan air putih yang cukup, kulit Anda akan lebih lembap dan kencang, bahkan dapat mengecilkan pori-pori. Kulit lembap adalah tanda kulit yang sehat, jadi mulailah dengan banyak minum air putih.

3. Memperlancar pencernaan

sistem pencernaan

Salah satu tanda pencernaan yang sehat adalah lancarnya pengeluaran feses. Jika Anda kesulitan mengeluarkan feses, besar kemungkinan feses tersebut kering dan cenderung keras akibat kekurangan air. Kesulitan buang air besar tidak boleh diremehkan. Tidak hanya konstipasi, Anda juga memiliki risiko terkena ambeien. Akan lebih baik jika Anda minum air putih hangat sebelum sarapan. Hal ini akan membantu tubuh membersihkan racun dalam sistem pencernaan.

4. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Salah satu hasil penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition, kerja memori otak dan munculnya perasaan gelisah dipengaruhi oleh hilangnya 1,59% cairan dari tubuh manusia. Terlebih lagi dengan fakta bahwa sebagian besar otak manusia terdiri dari air. Jika Anda ingin lebih fokus dan konsentrasi dalam berbagai hal, minum air putih adalah kunci. Selain itu, air yang mengandung elektrolit tinggi juga akan meningkatkan konsentrasi.

5. Mendukung penyerapan nutrisi

Air memiliki peran penting dalam mengurai nutrisi yang Anda konsumsi. Dengan air, sistem pencernaan Anda akan memisahkan mineral, serat, vitamin, dan kandungan lain yang ada dalam setiap makanan. Kemudian air juga yang membantu pendistribusian nutrisi tersebut ke seluruh tubuh, seperti yang dijelaskan dalam poin pertama.

6. Menurunkan risiko penyakit ginjal

kesehatan ginjal

Salah satu penyakit ginjal yang sering ditemui adalah batu ginjal. Batu ginjal sendiri merupakan gumpalan yang terjadi akibat adanya penumpukan kalsium dan oksalat dalam ginjal. Senyawa oksalat yang berlebih akan mengkristal dan ini tidak baik bagi kandung kemih Anda. Memperbanyak minum air putih akan menurunkan konsentrasi senyawa tersebut lalu mengurangi risiko terkena batu ginjal. Air putih juga akan meningkatkan sistem kerja ginjal dan hati dalam melaksanakan tugas mereka, yaitu membuang racun dan membunuh virus dalam tubuh.

7. Mengurangi potensi sakit kepala

Sakit kepala bisa menjadi salah satu tanda tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Minum air putih dapat menurunkan ketegangan yang menjadi sumber masalah sakit kepala pada orang yang dehidrasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology, air putih dapat mengurangi intensitas dan durasi dari rasa sakit di kepala.

Wah, banyak sekali bukan manfaat air putih bagi tubuh kita? Air putih juga sering menjadi andalan banyak orang ketika sedang melakukan diet sehat. Karena baik air putih hangat maupun air putih dingin, sama-sama memiliki 0 kalori. Bahkan untuk beberapa kasus, air putih dapat menjadi terapi khusus penyembuhan dan pemulihan daya tahan tubuh.

Berbicara tentang mencegah penyakit ginjal, masalah ginjal memang memiliki berbagai cara penyembuhan. Obat herbal yang terbuat dari bahan alami adalah salah satunya. Obat herbal yang terbuat dari ekstrak daun sambiloto, tempuyung, dan pegagan yang sangat bermanfaat untuk menghancurkan kalsium oksalat dalam batu ginjal, menjaga keseimbangan elektrolit dalam ginjal dan sebagai obat diuretik. Yuk, cari tahu tentang Re-Care di sini.

Related Posts

Leave a comment