Cermati 5 Sumber Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

sumber vitamin c

Vitamin C merupakan salah satu zat organik yang paling populer karena manfaatnya yang banyak. Sebut saja meningkatkan daya tahan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, hingga membantu pembentukan kolagen. Bahkan, akhir-akhir ini banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan kandungan vitamin C bagi wajah. Mulai dari serum hingga masker yang diklaim mampu membuat kulit wajah lebih cerah. Padahal sumber vitamin C juga bisa Anda dapatkan dari asupan nutrisi sehari-hari lho.

Menurut U.S. Food and Nutrition Board, manusia dewasa membutuhkan setidaknya 90 miligram vitamin C bagi laki-laki dan 75 miligram bagi perempuan. Bahkan butuh lebih banyak lagi bagi para perokok aktif dan ibu menyusui. Artinya, Anda perlu mencermati bahan makanan apa saja yang bisa menjadi sumber vitamin C tinggi. Beberapa diantaranya mudah sekali didapatkan di sekitar kita lho. Apa saja sumber vitamin C ini dan manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Stroberi

Buah yang masuk dalam keluarga berry memang terkenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, termasuk stroberi. 150 gram atau 1 mangkuk stroberi memiliki kandungan vitamin C sekitar 90 miligram. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi dan berbagai zat lain seperti serat, kalium, folat, dan masih banyak lagi.

2. Pepaya

Tidak kalah tinggi dengan stroberi, 150 gram buah pepaya juga memiliki kandungan 90 miligram vitamin C. Buah pepaya juga terkenal dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Dari pencernaan yang sehat, sistem imun tubuh juga akan kuat.

3. Jambu Biji

Nampaknya, pemenang sumber vitamin C tertinggi adalah jambu biji. Bagaimana tidak? Dalam mengonsumsi 1 buah jambu biji saja, Anda sudah akan mendapatkan 125 miligram vitamin C. Jumlah ini tentu sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

4. Cabe Merah

vitamin c
Sumber : Foto oleh Elina Sazonova dari Pexels

Nah, bagi Anda penggemar makanan pedas, ada kabar baik. Dalam 80 gram cabe merah, Anda akan mendapatkan 100 miligram vitamin C. Namun perlu hati-hati ya, terlalu banyak makanan pedas juga tidak baik bagi sistem pencernaan Anda. Sesuai dengan konsep pada poin 2, sistem pencernaan yang sehat akan mengantarkan Anda pada daya tahan tubuh yang baik.

5. Brokoli

Dari keluarga sayuran, brokoli menjadi yang paling terkenal sebagai sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dalam 1 mangkuk brokoli, Anda sudah bisa mendapatkan 80 miligram vitamin C. Brokoli juga menjadi salah satu sayuran dengan kandungan kalori yang sangat rendah. Cocok sekali bagi Anda yang sedang dalam program diet sehat. Akan lebih baik lagi jika Anda mengolahnya hanya dengan dikukus atau direbus setengah matang.

Mudah bukan menemukan bahan makanan sumber vitamin C di atas? Jika Anda bosan dengan memakannya langsung, banyak sekali kreasi menu yang bisa dibuat dari bahan-bahan tersebut lho. Mulai dari smoothie, kue, es pop, hingga salad. Apabila Anda rutin mengonsumsi buah dan sayuran dengan sumber vitamin C yang tinggi, tentu saja tidak hanya kulit Anda yang cerah. Anda juga akan memiliki manfaat lain, yaitu:

  • Menurunkan kadar glukosa darah sehingga kerusakan organ dapat dicegah pada penderita diabetes. Dengan memperbanyak vitamin C, kadar glukosa darah dapat dikontrol.
  • Mencegah tumor dan kanker karena vitamin C mampu menghambat kerusakan sel. Termasuk sel yang rusak akibat kemoterapi. Vitamin C juga menurunkan kemungkinan sel tertentu berkembang menjadi tumor dan kanker.
  • Mempercepat pemulihan hingga 14% pada anak-anak dan 8% pada orang dewasa. Vitamin C juga mampu mengurangi beberapa gejala sakit.
  • Merawat kesehatan tulang dan gigi karena vitamin C berperan penting membentuk sintesa kolagen. Kolagen sangat baik memelihara kesehatan tulang, gigi, dan kulit. Inilah kenapa banyak produk kecantikan yang menggunakan vitamin C sebagai daya tarik.
  • Memperkecil kemungkinan terkena demensia karena vitamin C yang dikonsumsi bersamaan dengan vitamin E akan mengurangi radikal bebas yang merusak sel otak. Artinya, semakin sedikit sel otak yang rusak atau mati, akan semakin kecil pula kemungkinan terkena penyakit demensia.

Banyak sekali bukan manfaat dari vitamin C ini? Nah, saking pentingnya vitamin C ini bagi tubuh, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen makanan tambahan, lho. Misalnya saja jika Anda sedang dalam perjalanan atau di ruang kerja sehingga susah mendapatkan sumber vitamin C alami. Morice Care menjadi salah satu suplemen herbal yang akan membantu tubuh Anda meningkatkan daya tahan tubuh.

Related Posts

Leave a comment